Tidak Perlu Panik, Ingat Langkah Berikut saat Menghadapi Kebakaran di Dapur!

Tidak Perlu Panik, Ingat Langkah Berikut saat Menghadapi Kebakaran di Dapur!

Mengatasi Kebakaran di dapur--Gambar : _freepik_partystock

Saat kompor mengalami kebakaran, jangan sekalipun mencoba memadamkan api dengan menyiramkan air ke kompor. Air menjadi berbahaya karena dapat menjadi penyebab menyebarnya api dengan cepat dan malah memperbesar kobaran api.

Terlebih jika kompor yang terbakar sedang memakai minyak di wajan, jangan coba padamkan dengan air. Karena perbedaan suhu yang drastis dari panas api dengan air, api justru akan menyembur dan meletup semakin intens.

BACA JUGA:Lemang Bakar, Kuliner Unik Dimasak dengan Bambu

BACA JUGA:Resep Cara Masak Tumis Bayam Tomat, Baik untuk Kesehatan

4. Tutup sumber api

Jika api pada kompor berukuran kecil dan berada dalam wadah atau wajan, anda bisa mengambil kain tahan api, kain basah atau lembbap, maupun tutup wajan besar untuk menutup api. Langkah ini bertujuan memutus oksigen dari udara sekitar wajan dan kompor, sehingga kobaran api dapat segera mati.

5. Gunakan pemadam api

Apabila memungkinkan, sangat penting bagi kediaman anda untuk mempunyai tabung pemadam api sebagai antisipasi terjadinya kebakaran. Jikalau anda memiliki pemadam api, segera gunakan dengan jarak yang baik. Pastikan tabung pemadam anda tidak kosong.

BACA JUGA:Ajak Anak Gemar Makan Ikan Melalui Lomba Kreasi Memasak Berbahan Ikan.

BACA JUGA:Lemang Bakar, Kuliner Unik Dimasak dengan Bambu

6. Hubungi pemadam kebakaran

Apabila sampai ke situasi terburuk, segera hubungi pemadam kebakaran terdekat selagi anda dan keluarga melakukan evakuasi dari lokasi kebakaran. 

Itulah beberapa langkah pertolongan awal yang dapat diambil jikalau terjadi kebakaran di dapur. Penting untuk terus mengedukasi diri dan anggota keluarga demi keselamatan bersama.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber