Tidak Perlu Panik, Ingat Langkah Berikut saat Menghadapi Kebakaran di Dapur!

Tidak Perlu Panik, Ingat Langkah Berikut saat Menghadapi Kebakaran di Dapur!

Mengatasi Kebakaran di dapur--Gambar : _freepik_partystock

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Situasi berbahaya yang jarang ditemui tidak jarang memunculkan rasa bingung terhadap apa yang seharusnya dilakukan. Bencana seperti kebakaran yang tiba-tiba membara di dapur tentu menjadi salah satu situasi yang dikhawatirkan dapat terjadi. 

Sebab dapur yang rawan menjadi sumber kebakaran, perlu dilakukan edukasi demi menjaga keselamatan diri dan mencegah meluasnya api. Meminimalisir kerusakan, serta memadamkan api tentu menjadi tujuan utama yang ingin dicapai. Tapi, tahukah anda bahwa ada beberapa hal yang tidak seharusnya dilakukan saat menghadapi kemunculan api di dapur?

Lantas, apa saja langkah-langkah pertama yang dapat dilakukan oleh seseorang ketika dihadapkan dengan kobaran api di dapur? Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama saat terjadi malfungsi pada kompor anda.

1. Tetap tenang

BACA JUGA:Sulit Tidur? 5 Bahan Dapur Ini Dapat Membantu Tingkatkan Kualitas Istirahat

BACA JUGA:7 Manfaat Jahe, Temukan Keajaiban Kesehatan di Dapur Anda

Pada kenyataannya, memang langkah pertama ini tidak mudah untuk dilakukan. Terlebih saat seseorang yang tidak pernah menghadapi marabahaya api tiba-tiba diharuskan memadamkan api. Meski begitu, langkah pertama sangat krusial untuk dilakukan demi keberhasilan keselamatan anda.

Jika kompor mengalami malfungsi dan terbakar, sebisa mungkin tetap tenang agar anda tidak menjadi panik. Ini dilakukan agar pikiran anda tetap jernih sehingga bisa mengambil langkah yang tepat untuk memadamkan api.

2. Segera matikan kompor dan bawa keluar tabung

Apabila aman untuk dilakukan, segera matikan kompor dan cabutlah sambungan kompor dari tabung gas. Langkah ini dilakukan untuk memutus sambungan sumber gas agar api yang muncul tidak mudah membesar dan tidak merambat ke berbagai benda di dapur.

BACA JUGA:Kisah Sosok Sanji One Piece, Dikenal Sebagai Koki Terhebat Dengan Masakan Terlezat yang Dibuatnya

BACA JUGA:Yang Hobi Masak, Ini Tips Merawat Kompor Gas Agar Tidak Cepat Rusak

Sesudah tabung terputus, bawa tabung gas ke tempat yang jauh dari kompor dan sumber api. Jangan lupa untuk tetap hati-hati saat memutus sumber gas.

3. Jangan pernah gunakan air

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber