Lemang Bakar, Kuliner Unik Dimasak dengan Bambu

Lemang Bakar, Kuliner Unik Dimasak dengan Bambu

Proses pembuatan lemang bakar.--pixabay.com/mosaymay

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Indonesia memiliki beragam kuliner yang unik dan lezat, salah satunya dari daerah Sumatera yaitu lemang bakar. kuliner unik berbahan dasar beras ini mempunyai keunikkan tersendiri dalam proses pembuatannya, yaitu dimasak di dalam seruas bambu.

Lemang adalah makanan yang berbahan utama beras ketan yang memiliki rasa gurih dan sedikit asin. Proses pembuatannya yang unik memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Zaman dahulu kuliner lemang digunakan di setiap acara-acara resmi, seperti di hari raya Idulfitri, acara hajatan, acara hantaran pernikahan, dan acara resmi lainnya.

Seperti yang  kita ketahui, lemang biasanya memiliki cita rasa gurih. Kemudian identik dengan proses memasak menggunakan bambu sebagai ciri khasnya. Namun, kini kuliner ini sudah semakin berkembang menjadi beragam varian rasa, salah satunya rasa durian dan pisang.

Adapun komposisi bahan-bahan dalam proses pembuatan lemang bakar yaitu beras ketan, gula, garam, santan, dan sedikit penyedap rasa. Untuk varian rasa lainnya hanya ditambahkan pisang atau durian.

BACA JUGA:Tenang Bunda, Hadapi Anak Tantrum dengan 5 Cara Ini

BACA JUGA:Bernyanyi Random Saat Berkendaraan Dapat Mengurangi Beban Stres

Berikut ini resep sederhana membuat lemang bakar dan Anda bisa mencoba membuatnya. Yuk dicobain!

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 1 kg beras ketan.

- 2.5 sdm gula pasir.

- 3 sdm garam.

- 1 ltr santan.

- Buluh bambu berukuran 30 cm.

BACA JUGA:Sapta, Mahasiswa UIN Raden Fatah Berhasil Meraih Juara 1 Audisi Presenter PALTV 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber