Kelengkeng Desa Trikarya Belitang 3 Dagingnya Tebal Bijinya Kecil Beraroma Durian

Kelengkeng Desa Trikarya Belitang 3 Dagingnya Tebal Bijinya Kecil Beraroma Durian

Di perkebunan buah kelengkeng di Desa Trikarya, Belitang 3 Kabupaten OKU Timur ini, pengunjung dapat memetik sendiri buah kelengkeng yang dibeli.-Benny Firdaus-PALTV

OKU TIMUR, PALTV.CO.ID - Kelengkeng merupakan buah yang mudah ditemukan dan banyak dijual di pasar buah. Namun, tak banyak orang bisa mencicipi buah Kelengkeng langsung dari pohonnya.

Nah di Desa Trikarya, Belitang 3 Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan, ada perkebunan buah kelengkeng yang bisa dicicipi dan dibeli hingga satu pohon.

Perkebunan milik pribadi ini menawarkan kegiatan petik kelengkeng langsung dari pohon. Saat tiba di area petik, para pengunjung diberikan bimbingan oleh petani berpengalaman yang menjelaskan teknik-teknik yang tepat untuk memetik kelengkeng yang matang.

Dengan tangan yang cermat, pengunjung dapat merasakan kepuasan tersendiri saat memetik buah-buah segar yang dipenuhi dengan rasa manis dan kenyal.

BACA JUGA:Jembatan Ampera dari Masa ke Masa dari Awal Pembangunannya hingga Kini

BACA JUGA:Momen Ultah Ke-55 Sekaligus Menjelang Purna Tugas, General Manager PALTV Berpesan Kepada Pimpinan dan Karyawan

Haji Badrun pemilik kebun kelengkeng mengaku kegiatan panen hanya dilakukan setahun sekali. Buah yang dihasilkan belum sampai dijual ke pasar namun sudah diborong oleh warga.

"Walah di kebun ini kurang-kurang ga nyampe pasar, pejabat yang punya duit banyak itu yang booking satu pohon sekaligus tapi kita jual per kilogramnya Rp60.000," ujar Pak Haji Badrun.

Kelengkeng yang ditanam merupakan jenis New Kristal yang terkenal manis, daging tebal tapi bijinya kecil. Pemilik kebun mengatakan umur pohon kelengkeng sudah mencapai enam samapi sepuluh tahun.

"Kalo yang dipetik ini sekitar enam tahun, kalo pohon awal yang ditanam sudah sepuluh tahun lebih," ungkapnya seraya mengatakan kalau bibit New Kristal didapat dari Bogor Jawa Barat.

BACA JUGA:Kenapa Ikan Belido Jadi Ikon Palembang? Simak Penjelasannya

BACA JUGA:Saran Dinas TPHP Musi Banyuasin, Jika Dapat Bagian Kurban Seperti Ini Sebaiknya Jangan Dimakan


Haji Badrun pemilik kebun kelengkeng mengaku kegiatan panen hanya dilakukan setahun sekali.-Benny Firdaus-PALTV

Yulia Adnan salah satu pengunjung asal Kota Palembang mengatakan, mereka sekeluarga jauh-jauh datang hanya untuk membeli satu pohon kelengkeng yang dikenal berbuah besar dan sangat manis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv