Saran Dinas TPHP Musi Banyuasin, Jika Dapat Bagian Kurban Seperti Ini Sebaiknya Jangan Dimakan

Saran Dinas TPHP Musi Banyuasin, Jika Dapat Bagian Kurban Seperti Ini Sebaiknya Jangan Dimakan

Dokter Hewan Dinas TPHP Kabupaten Musi Banyuasin memeriksa kesehatan hewan kurban, Senin (26/6/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Hari Raya Iduladha merupakan hari raya yang identik dengan pemotongan hewan kurban baik itu sapi maupun kambing, yang sengaja disembelih oleh umat muslim untuk dibagikan kepada warga sekitar, terutama kepada warga yang kurang mampu.

Namun tahukah Anda jika mendapat bagian daging kurban haruslah teliti dan cermat. Karena, terkadang tak selamanya bagian organ tubuh hewan kurban bisa dimakan, terutama pada bagian organ dalam hewan itu sendiri.

Terkadang bagian organ dalam hewan tak jarang ada yang terinfeksi penyakit yang bisa menular ke tubuh manusia.

Seperti usus dan hati yang paling rawan terjangkit penyakit cacing hati atau nama lainnya disebut cacing Fasciola Hepatica. Ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

BACA JUGA:Menikmati Libur Idul Adha Dengan Menciptakan Moment Berharga Bersama Keluarga

BACA JUGA:Bosen Menu Daging Kurban Itu-Itu Saja? Ini Referensi Menu yang Menggugah Selera dari Daging Kurban


Dokter Hewan Dinas TPHP Kabupaten Musi Banyuasin sedang memeriksa gigi seekor sapi kurban, Senin (26/6/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

Menurut Dokter Hewan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dr. Deddy saat melakukan pengecekan hewan kurban di Kecamatan Sekayu pada Senin, 26 Juni 2023 mengatakan, sebenarnya penyakit cacing hati pada hewan terutama sapi sangat sulit dibuktikan dengan kasat mata, sehingga susah untuk memastikan apakah hewan tersebut terjangkit atau tidak oleh penyakit cacing hati tersebut sebelum disembelih.

Untuk itulah dr. Deddy menyarankan jika warga masyarakat yang mendapatkan bagian daging kurban seperti organ hati, sebaiknya harus teliti dan cermat dengan kondisi daging yang mereka peroleh.

Bukan tidak mungkin bagian organ dalam dari hewan tersebut ada yang terjangkit dengan penyakit cacing hati. Jika termakan oleh manusia maka akibatnya sangat fatal, karena panyakit tersebut bisa menular kepada manusia.

"Sebaiknya jika dapat bagian organ hati yang terrnfeksi cacing hati, baiknya dibuang saja dan jangan  dikonsusmi," jelas Deddy.

BACA JUGA:Keutamaan Puasa Arafah Bebas dari Neraka dan Hapus Dosa 2 Tahun

BACA JUGA:Biar Daging Kurban tidak Cepat Rusak, Lakukan Ini!


Gigi sapi kurban tak luput diperiksa oleh Dokter Hewan Dinas TPHP Kabupaten Musi Banyuasin, Senin (26/6/2023).-Ruzi Iskandar-PALTV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv