Belum Lengkap Sarapan di Pagi Hari jika Belum ‘Ngirup Cuko’ Pempek

Belum Lengkap Sarapan di Pagi Hari jika Belum ‘Ngirup Cuko’ Pempek

Bagi masyarakat Palembang, pempek dan 'ngirup cuko' merupakan pilihan utama dalam hal kuliner termasuk sarapan pagi.--instagram.com/@pempekcek_keke

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Bagi masyarakat PALEMBANG, pempek dan 'ngirup cuko' merupakan pilihan utama dalam hal kuliner termasuk sarapan pagi.

Sarapan pagi adalah waktu yang penting dalam rutinitas sehari-hari. Kebiasaan sarapan di berbagai daerah tentunya pasti akan ada perbedaan.

Di Palembang contohnya, ada banyak jenis sarapan di pagi hari yang begitu menggiurkan. Tapi tetap saja belum lengkap ‘kalo belum ngirup cuko dengan makan pempek.

‘Uji wong Pelembang, kalu belum ngirup cuko cak ado yang kurang.’ Jadi mau ada makanan apa saja tetap pempek pilihan utamanya.

BACA JUGA:Pempek Tunu, Modal Sedikit Untung Selangit

BACA JUGA:Bisa Bikin Ketagihan, Ini Resep Pempek Kentang Sederhana Ala Rumahan

Di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, pempek telah menjadi makanan khas yang populer sebagai sarapan pagi yang lezat dan mengenyangkan.

Pempek adalah makanan tradisional Palembang yang terbuat dari ikan tenggiri atau bisa juga ikan gabus yang digiling halus, tepung sagu, sedikit garam dan penyedap rasa.

Campur ikan, terigu dan bahan lainnya aduk hingga rata, bentuk sesuai keinginan. Ada pempek Lenjer, Adaan dan Kapal Selam (telur).

Selanjutnya adonan yang telah dibentuk langsung direbus untuk pempek Lenjer dan Kapal Selam (telur), untuk pempek Adaan sendiri dimasak dengan cara digoreng.

BACA JUGA:Selain Untuk Bikin Pempek, Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus

BACA JUGA:Rahasia Pempek ‘Lemak’

Keunikan pempek terletak pada tekstur kenyalnya dan cita rasa yang khas. Saat digigit, pempek memberikan sensasi kenyal dan lembut di mulut yang disertai dengan rasa ikan yang segar dan bumbu yang meresap.

Pempek juga biasanya disajikan dengan kuah ‘cuko’, saus asam pedas yang terbuat dari air asam jawa, gula merah, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber