Selain Untuk Bikin Pempek, Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus

Selain Untuk Bikin Pempek, Ternyata Ini Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus dipercaya dapat menyembuhkan cedera dan mengobati luka.-MÁY PHUN VỮA-pixabay.com/dankoetechcons

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ikan gabus merupakan spesies ikan air tawar yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Jenis ikan ini sangat populer dikonsumsi di Indonesia. Sebab, ikan gabus salah satu ikan kaya akan protein hewani yang baik dan penting serta kandungan gizinya yang tidak kalah dengan ikan salmon.

Ikan gabus dengan nama latin Channa Striata dikenal dengan julukan ikan predator pemangsa ikan dan hewan air kecil di habitat aslinya. Ikan gabus dikenal dengan beragam nama di Indonesia, seperti Bocek, Aruan/Haruan, Kirous, Kabos, dan lain-lain. Di Palembang, ikan gabus yang biasa jadi bahan pempek dikenal dengan sebutan iwak delek.

Di luar negara, ikan gabus dipercaya memiliki khasiat obat. Seperti di Malaysia, ikan gabus dipercaya dapat menyembuhkan cedera dan mengobati luka. Faktanya, zat albumin pada ikan gabus membantu mencegah peradangan.

Dalam bahasa Inggris, ikan gabus dikenal sebagai "snakehead". Hal ini didasarkan pada ikan gabus dengan kepala berbentuk ular, badan memanjang dan berwarna gelap.

BACA JUGA:Hero Combo Fredrinn Paling Mengerikan di Mobile Legends, Duet Bareng Hero Ini Bikin Gak Bisa Tumbang

BACA JUGA:Wah Ternyata Ini Isi Kotak Hidran!

Manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh

1. Obat penyembuh luka pasca operasi

Keunggulan ikan gabus adalah efisiensi albumin yang tinggi. Perlu diketahui, albumin merupakan protein kaya manfaat, salah satunya membantu proses penyembuhan luka dengan cepat.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Universitas Hasanuddin menemukan bahwa pemberian kapsul konsentrat ikan gabus dengan konsentrasi 0,7 g/dl selama 14 hari, bisa mempercepat penyembuhan luka pasien pasca operasi, termasuk luka operasi caesar.

BACA JUGA:Inilah 5 Khasiat Kecombrang bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Kanker

BACA JUGA:Bulu Mata Anda Botak? Lakukan Cara Berikut

Kandungan albumin ikan gabus membantu menaikkan kadar albumin tubuh menjadi normal. Ikan gabus bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan dengan cepat, dan juga menjaga kadar albumin agar tetap seimbang.

2. Pengobatan gizi buruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber