Benarkah Kulit yang Berwarna Gelap atau Coklat Lebih Sehat ? Ini Penjelasanya

Benarkah Kulit yang Berwarna Gelap atau Coklat Lebih Sehat ? Ini Penjelasanya

ilustrasi Kulit gelap -- istockphoto-coffeandmilk

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kulit manusia memiliki berbagai macam warna, dari putih kekuningan, sawo matang, hingga hitam. Namun, terkadang ada pernyataan yang mengatakan bahwa kulit berwarna coklat atau gelap lebih sehat dibandingkan dengan kulit berwarna putih. Apakah benar demikian?

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa kulit manusia memiliki melanin sebagai pigmen yang memberi warna pada kulit. Semakin tinggi kadar melanin yang dimiliki oleh seseorang, semakin gelap pula warna kulitnya.

Melanin berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar matahari yang berbahaya. Terutama sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak DNA sel kulit dan menyebabkan kanker kulit.

Kulit manusia secara alami memproduksi melanin sebagai respons terhadap paparan sinar UV. Oleh karena itu, orang yang memiliki kulit gelap secara alami akan memiliki kadar melanin yang lebih tinggi dan lebih efektif dalam melindungi kulit mereka dari radiasi UV.

BACA JUGA:Kulit Kendur dan Berkerut!. Ini Dia Penyebab Produksi Kolagen Menurun di Usia 40-an.

BACA JUGA:Pernah Dengar Tentang 'Tidur Cantik' atau 'Beauty Sleep'? Ini Manfaatnya Bisa Bikin Kulit Glowing

Beberapa keuntungan yang dapat dimiliki oleh orang yang memiliki kulit berwarna coklat atau Gelap.

1. Kulit yang lebih tahan terhadap sinar matahari

Orang yang memiliki kulit berwarna coklat memiliki lebih banyak melanin di dalam kulit mereka, yang membantu melindungi mereka dari kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini berarti kulit coklat dapat memblokir sinar UV dalam jumlah yang lebih besar, sehingga orang dengan kulit coklat lebih terlindungi dari risiko kulit terbakar, kanker kulit, dan tanda-tanda penuaan dini.

2. Kulit coklat memiliki sifat anti-aging

BACA JUGA:Inilah Cara Mudah dan Efektif Menghilangkan Kulit Kering di Kaki

BACA JUGA:Perut Mulus dan Bebas dari Bekas Stretch Mark: Rahasia untuk Merawat Kulit yang Mulus

Selain memblokir sinar UV berlebih, melanin dalam kulit coklat juga membantu menjaga kulit tetap terlihat muda dan segar lebih lama. Orang dengan kulit coklat cenderung memiliki kerutan dan garis halus yang lebih sedikit pada wajah mereka ketika mereka menjadi tua, dibandingkan dengan orang dengan kulit yang lebih terang dalam warna.

3. Kehidupan yang lebih sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber