11 Makanan yang Efektif dan Aman untuk Menurunkan Asam Urat

11 Makanan yang Efektif dan Aman untuk Menurunkan Asam Urat

11 Makanan yang Efektif dan Aman untuk Menurunkan Asam Urat--Foto : DOKTER SEHAT.jpg

Kandungan protein dalam susu rendah lemak membantu memperlancar pembuangan asam urat melalui urine, sehingga kadar asam urat dalam darah dapat berkurang dan risiko kambuhnya penyakit ini pun menurun.

 

Sayuran

Sayuran memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, penderita asam urat harus memilih sayuran dengan hati-hati, karena beberapa jenis seperti bayam dan asparagus mengandung purin yang sebaiknya dihindari. 

Sebagai alternatif, tomat, wortel, dan brokoli adalah sayuran yang rendah purin dan kaya antioksidan, yang baik untuk penderita asam urat. Sayuran lain yang rendah purin, seperti kentang, mentimun, dan kubis, juga bisa menjadi pilihan yang aman.

BACA JUGA:Cara Menurunkan Indeks Glikemik dari Makanan yang Mengandung Gula

BACA JUGA:Bagaimana Preferensi Makanan Berhubungan dengan Kognisi dan Kesehatan Otak?

 

Kacang-kacangan

Kacang lentil, polong, dan buncis adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Makanan ini kaya akan protein nabati yang lebih baik bagi penderita asam urat dibandingkan protein hewani. 

Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi protein nabati tidak memicu kambuhnya asam urat, dan justru membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.


makanan tinggi protein nabati tidak memicu kambuhnya asam urat--Foto : RS PUSAT PERTAMINA

 

Air Putih

Minum air putih yang cukup sangat penting bagi tubuh, termasuk bagi penderita asam urat. Asupan air sekitar 2 liter per hari dapat membantu melarutkan asam urat dan mencegah penumpukan di dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: siloamhospitals.com