Susul Valentino Rossi, Andrea Dovizioso Resmi Mendapat Gelar Legenda MotoGP

Susul Valentino Rossi, Andrea Dovizioso Resmi Mendapat Gelar Legenda MotoGP

Andrea Dovizioso--instagram/ @andreadovizioso

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Jumat, 9 Juni 2023 menjadi hari yang bersejarah bagi Andrea Dovizioso. Pembalap MotoGP itu akhirnya resmi menerima gelar menjadi Legenda MotoGP. Sebelumnya ia telah dilantik ke dalam Hall of Fame di Gran Premio d’Italia Oakley.

Andrea mendapatkan gelar tersebut berkat segudang prestasinya yang fantastis selama berkarir di MotoGP. Meskipun ia tidak pernah menjuarai gelar MotoGP, namun prestasi-prestasi lainnya berhasil ia rebut.

Awal prestasinya, The Little Dragon (julukannya) itu berhasil memenangkan Kejuaraan Dunia di kelas 125cc pada 2004 silam. Berkat kemenangan tersebut, ia langsung naik ke kelas 250cc dan melakukan debutnya pada 2008 silam. Di tahun tersebut ia berhasil meraih podium puncak pertamanya sebagai rookie.

Andrea Dovizioso pun berhasil tampil apik di MotoGP. The Little Dragon bahkan merebut gelar pertamanya di kelas premier, tepatnya di MotoGP Inggris pada 2009 silam.

BACA JUGA:Running Sisters, Menginspirasi dan Membangun Komunitas Wanita Melalui Olahraga Lari

BACA JUGA:Yuk, Nostalgia Deretean Siaran Berita Olahraga Favorit Anak-anak Generasi 90-an

Kemudian di akhir 2011, Andrea meninggalkan Honda, dan bergabung ke Yamaha sejak 2012. Dovizioso membela tim satelit Yamaha Tech3 dan sukses menunjukkan penampilan yang apik. Ia berhasil finish di posisi ke-4 di akhir klasemen MotoGP pada 2012.

Bersama Yamaha ia berhasil merebut sejumlah mimbar, sebelum pindah ke Ducati pada 2013 dan bersama-sama menuju puncak kesuksesannya. Setahun bersama Ducati, Dovizioso meraih dua podium, kemudian padaa 2015 ia berhasil merebut 5 podium dan pada 2016 ia merebut 5 podium lainnya.

Dovizioso semakin menggila setelah itu, pada 2017 sampai 2019, ia berhasil menciptakan kemenangan bersejarah di Grand Prix Malaysia dan kemengan lainnya. Hanya dalam tiga tahun tersebut ia meraih 12 kemengan.

Kemudian, pada musim 2020 Dovizioso harus rehat dan absen di MotoGP hingga 2021, karena ia telah mengalami penurunan performa. Pembalap Italia tersebut kembali lagi pada 2022 dan menjadi pembalap satelit Yamaha.

BACA JUGA:Rahasia Kebugaran Terungkap, Lakukan Olahraga Ajaib Ini Tubuh Anda Menjadi Supersehat

BACA JUGA:Offroad, Olahraga Pemicu Adrenalin yang Banyak Digemari

Namun, kehebatannya tidak seperti semula lagi, hingga akhirnya ia memutuskan pensiun setelah balapan terakhirnya di Sirkuit Misano, Italia pada 2022 lalu.

Ditotal-total, selama karirnya, Dovizioso telah mengoleksi 24 kemenangan. Berkat prestasinya yang luar biasa tersebut, ia pun pantas merebut gelar legenda MotoGP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber