7 Alasan Teknis Kenapa Ban Balap Harus Polos Tanpa Alur

7 Alasan Teknis Kenapa Ban Balap Harus Polos Tanpa Alur--ig@gudangban_bdg
PALTV.CO.ID,- Jika kamu pernah memperhatikan motor balap profesional, terutama di ajang-ajang seperti MotoGP atau World Superbike.
Kamu mungkin menyadari satu hal yang mencolok: ban motor balap tidak memiliki alur air alias polos alias gundul total. Bagi yang tidak terbiasa, hal ini mungkin terlihat aneh, bahkan berbahaya. Bukankah ban tanpa alur justru membuat motor mudah tergelincir?
Faktanya, ban gundul atau yang biasa disebut slick tire, justru memberikan performa terbaik di lintasan kering. Tapi kenapa bisa begitu? Berikut adalah 7 alasan teknis kenapa ban motor balap harus polos tanpa alur:
1. Traksi Maksimal di Lintasan Kering
BACA JUGA:Toyota bZ7 Usung Teknologi ADAS Mutakhir Berkat Kerja Sama dengan Huawei
BACA JUGA:Kendaraan Listrik Gantikan Motor Bensin di Jalanan China
Alasan utama penggunaan ban polos adalah maksimalisasi traksi. Ban slick memiliki permukaan kontak yang lebih besar dengan aspal dibandingkan ban beralur.
Tanpa alur, seluruh permukaan ban menempel langsung ke lintasan, menghasilkan daya cengkeram yang jauh lebih kuat. Ini memungkinkan pembalap menikung dengan sudut yang ekstrem tanpa kehilangan grip.
2. Mengurangi Panas Berlebih
Ban balap didesain untuk bekerja dalam suhu tertentu. Ketika suhu terlalu tinggi, performa ban bisa turun drastis.
BACA JUGA:Suzuki Baleno Hatchback Bangkit dan Kuasai Pasar 2024, Ini Rahasia Kesuksesannya
BACA JUGA:Kenapa Honda Brio Bisa Laku, Berikut Alasannya
Ban tanpa alur cenderung lebih stabil dalam mendistribusikan panas di seluruh permukaan ban karena tidak ada "celah" atau alur yang menyebabkan titik panas tertentu.
Distribusi panas yang merata membantu menjaga ban tetap berada dalam rentang suhu optimal, mencegah overheat dan memperpanjang umur ban selama balapan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber