Beberapa Amalan Sunah pada Hari Jumat ini Ternyata Mempunyai Banyak Pahala, Yuk Amalkan!

Beberapa Amalan Sunah pada Hari Jumat ini Ternyata Mempunyai Banyak Pahala, Yuk Amalkan!

Amalan-amalan sunah pada hari Jumat yang mempunyai banyak pahala.--pixabay.com/chidioc

PALTV.CO.ID - Hari Jumat disebut juga sebagai Sayyidul Ayyam (rajanya hari) karena memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan hari-hari lainnya. 

Kesibukan dan kegiatan sehari-hari seringkali membuat kita lupa akan keistimewaan hari Jumat. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk meningkatkan amalan pada hari tersebut. 

Tidak hanya amalan yang wajib, ada beberapa amalan sunah yang dianjurkan dikerjakan pada hari Jumat karena nilai pahalanya yang luar biasa. 

Mengutip dari laman NU Online, Imam Abu Hamid al-Ghazali menyebutkan bahwa hari Jumat merupakan hari raya bagi kaum mukmin. Kaum mukmin dianjurkan memperbanyak membaca tasbih dan istighfar.

BACA JUGA:Ingin Salat Lebih Khusyuk? Cobalah Lakukan Kiat-kiat Berikut Ini!

BACA JUGA:Beginilah Cara Mendidik Anak dalam Islam Sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis

Begitu pula dengan sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah juga riwayat Muslim dan Tirmidzi, yang menegaskan keutamaan hari Jumat.

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi) 

Bagi umat Islam, hari Jumat memiliki banyak keutamaan. ini merupakan kesempatan bagi umat islam untuk meraih pahala sebanyak mungkin.

Ada banyak amalan yang bisa dikerjakan pada hari Jumat di antaranya seperti memperbanyak doa, memperbanyak baca shalawat, bersedekah, membaca Surat al-Kahfi, Surat al-Ikhlas, Surat an-Nas dan Surat al-Fala, serta ibadah-ibadah lainnya.

BACA JUGA:Ini Jenis-jenis Penyakit Hati dalam Islam, Waspadalah!

BACA JUGA:Ujian Hidup dari Allah SWT Hakikatnya untuk Meningkatkan Derajat Manusia

Selain amalan-amalan di atas masih ada amalan-amalan lain yang memiliki keutamaan dan berpahala jika dikerjakan yang justru terkadang dianggap remeh oleh sebagian orang. Di antaranya seperti yang dirangkum paltv.co.id berikut ini.


Rasulullah SAW menganjurkan muslim agar mandi sebelum pergi menghadiri salat Jumat.--freepik.com/@freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber