Muslim Harus Tahu! Ini Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah SAW pada Hari Jumat

Muslim Harus Tahu! Ini Amalan-amalan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah SAW pada Hari Jumat

Amalan-amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW pada hari Jumat.-journaway Rundreisen-unsplash.com/@journaway

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hari Jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam (rajanya hari) karena memiliki keistimewaan dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Oleh karena itu, muslim dianjurkan untuk meningkatkan amalan pada hari tersebut.

Keutamaan hari Jumat juga ditegaskan dalam sebuah hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah juga riwayat Muslim dan Tirmidzi.

"Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Bagi umat Islam, hari Jumat memiliki banyak keutamaan. Ada banyak amalan sunnah yang dapat dilakukan di hari Jumat.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Pintu-pintu Datangnya Rezeki yang Telah Dijamin Allah SWT untuk Hamba-Nya

Tentu saja, ini merupakan kesempatan untuk meraih pahala sebanyak mungkin dan berharap agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah.

Lalu, amalan apa saja yang dapat kita lakukan? Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini amalan-amalan ringan yang terkesan sepele tapi memiliki nilai pahala yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat.

1. Mandi Jumat

Salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim di hari Jumat adalah mandi. Anjuran untuk mandi Jumat ini telah disebutkan dalam beberapa hadis Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Muslim Harus Tahu! Ini Keutamaan Sikap Tawakal Kepada Allah SWT yang Patut Diamalkan


Mandi Jumat disunnahkan bagi orang yang berniat melaksanakan salat Jumat.--freepik.com/@freepik

Sebagai contoh, hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya." (HR Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)

Dari hadis tersebut, mandi Jumat disunnahkan bagi orang yang berniat melaksanakan salat Jumat. Kesunnahan mandi Jumat ini tidak hanya berlaku bagi laki-laki yang diwajibkan melaksanakan salat Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber