Ujian Hidup dari Allah SWT Hakikatnya untuk Meningkatkan Derajat Manusia

Ujian Hidup dari Allah SWT Hakikatnya untuk Meningkatkan Derajat Manusia

Ujian hidup dari Allah SWT pada hakikatnya adalah untuk meningkatkan derajat manusia itu sendiri.--freepik.com/@wirestock

PALTV.CO.ID - Ujian dan cobaan sejatinya tidak akan lepas dari kehidupan manusia, karena setiap cobaan ada hikmahnya. 

Setiap manusia pasti akan mendapatkan berbagai cobaan dan ujian hidup yang datang dengan berbagai bentuk dan tingkat kesulitan. 

Bagi seorang muslim, penting untuk memahami hikmah dan tujuan di balik ujian hidup itu sendiri, agar bisa menjadi manusia yang tinggi derajatnya di hadapan Allah SWT. 

Setiap manusia pasti akan mendapatkan ujian dalam hidupnya. Walaupun demikian, yang terpenting adalah sebagai seorang muslim bagaimana cara kita dalam menghadapi ujian tersebut.

BACA JUGA:Ini Cara Membahagiakan Istri Menurut Islam Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

BACA JUGA:Inilah Waktu-waktu yang Tidak Dianjurkan untuk Tidur dalam Islam


Setiap manusia pasti akan mendapatkan ujian dalam hidupnya.--freepik.com/@freepik

Allah SWT menjelaskan dalam Al-Qur'an bahwa kunci dari setiap ujian adalah kesabaran. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 155-156, yang artinya: 

“Dan Kami akan menguji kalian dengan sesuatu ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata: ‘Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya.’ Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” 

Dari ayat di atas, dapat dimaknai bahwa ujian hidup adalah bagian dari rencana Allah SWT. Bagi orang-orang yang bersabar dalam menghadapinya, akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. 

Saat diterpa cobaan dan ujian, muslim hendaklah menghadapinya sesuai dengan syariat serta tuntunan Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Waspadalah dengan Ujub! Salah Satu Sifat Tercela yang Sangat Berbahaya dalam Pandangan Islam

BACA JUGA:Belum Ada Kata Terlambat, Memahami Makna Hijrah yang Sebenarnya dalam Islam

Sejatinya, setiap cobaan dan ujian dalam kehidupan manusia semata-mata untuk meningkatkan derajat manusia itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber