PIN Polio Dimulai, Puskesmas 4 Ulu Palembang Tagetkan 7.286 Anak Dapat Imunisasi

PIN Polio Dimulai, Puskesmas 4 Ulu Palembang Tagetkan 7.286 Anak Dapat Imunisasi

Puskesmas 4 Ulu Palembang tagetkan 7.286 anak dapat imunisasi selama berlangsungnya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, Selasa (23/7/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio telah resmi diumukan Pemerintah. Pelaksanaannya dimulai sejak hari Selasa, 23 Juli 2024 hingga Senin, 29 Juli 2024.

Program PIN Polio ini bertujuan untuk melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan permanen.

Pemberian imunisasi polio ini telah dilakukan serentak di berbagai lokasi termasuk Puskesmas, Posyandu, Sekolah, dan Pos Pelayanan Imunisasi.

Puskesmas 4 Ulu Palembang telah mulai melaksanakan Pekan Imunisasi Nasional Polio yang ditujukan kepada anak usia 0-7 tahun, dengan menargetkan 7.286 anak yang akan diimunisasi.

BACA JUGA: Pertahankan Zero Polio, Pj Walikota Palembang Membuka Perencanangan PIN tahun 2024


dr Darnila, Kepala Puskesmas 4 Ulu Palembang, Selasa (23/7/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

Kepala Puskesmas 4 Ulu Palembang dr Darlina mengatakan, pelaksanaan PIN Polio ini dilakukan untuk pencegahan terhadap penyakit polio, yang bisa menyebabkan kelumpuhan atau cacat yang permanen.

"PIN ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya penyakit polio. Penyakit ini berbahaya bisa menyebabkan kelumpuhan dan cacat yang permanen, hingga menyebabkan meninggal dunia," jelas dr Darlina.

Kepala Puskesmas 4 Ulu dr Darlina juga menjelaskan tahapan dalam proses PIN Polio. Menurutnya ada dua tahapan yang akan dilakukan.

Tahap yang pertama dimulai pada hari Selasa, 23 Juli 2024 hingga Senin, 29 Juli 2024. Kemudian, tahap kedua dilakukan dua minggu atau satu bulan paling lama setelah imunisasi yang pertama.

BACA JUGA:Sekda Palembang Kukuhkan 82 RT dan RW Baru Kelurahan 15 Ulu, Harapkan Dapat Mengedukasi Masyarakat


Para orang tua membawa anak-anak mereka untuk mendapatka imunisasi polio di Puskesmas 4 Ulu Palembang, Selasa (23/7/2024).-Ridho Ilahi-PALTV

"Ada dua tahap dalam proses PIN ini. Yang pertama tanggal 23 hingga 29, dan tahap yang kedua dilakukan setelah dua minggu atau satu bulan paling lama melakukan imunisasi," terang dr Darlina.

Kepala Puskesmas 4 Ulu Palembang mengimbau masyarakat agar membawa anaknya ke tempat imunisasi yang telah disediakan oleh pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv