Orangtua Harus Waspada! Dampak Negatif HP bagi Anak Usia Dini dan Perkembangannya

Orangtua Harus Waspada! Dampak Negatif HP bagi Anak Usia Dini dan Perkembangannya

Dampak Negatif HP Bagi Anak Usia Dini dan Perkembangannya--Source Gambar: Dodi paltv

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Di era digital yang canggih ini, perangkat seluler telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, anak di bawah umur pun sudah familiar dengan teknologi ini.

Namun harus dikatakan bahwa menghabiskan banyak waktu di depan layar ponsel dapat berdampak negatif bagi perkembangan dan kesehatan anak. Pada artikel ini, kami membahas efek berbahaya dari anak-anak bermain ponsel dalam jangka waktu yang lama.

1 Gangguan perkembangan fisik

Bermain ponsel dalam waktu lama dapat membuat anak-anak tetap berada di dalam ruangan sehingga aktivitas fisik mereka harus dilakukan di luar rumah.

BACA JUGA:Mengagumkan! Putri Ariani, Gadis Tunanetra Raih Golden Busser di American Got Talent

BACA JUGA:Payudara Kendur Setelah Menyusui? Moms Wajib Tahu, Jangan Salah Langkah Ya!

Aktivitas fisik yang terbatas dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, kelemahan otot, dan kekurangan kalsium.

Selain itu, postur tubuh yang buruk saat menggunakan ponsel, seperti membungkuk atau menatap layar dengan tajam, dapat menyebabkan masalah tulang belakang dan gangguan penglihatan.

2. Masalah kesehatan mental

Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di depan layar ponsel dapat mengalami masalah kesehatan mental. Mereka mungkin mengalami isolasi sosial dan lebih suka bermain dengan perangkat mereka daripada dengan teman sebayanya.

BACA JUGA:Bahaya! Ternyata Ini Efek Rumah Kaca terhadap Lingkungan dan Manusia

BACA JUGA:Kisah Ani Penjual Mie Ayam Murah untuk Membantu Mahasiswa

Selain itu, penggunaan konten digital yang berlebihan, termasuk game dan jejaring sosial, dapat meningkatkan risiko gangguan tidur, kecemasan, dan depresi pada anak.

3. Kualitas tidur yang buruk

Radiasi dari layar ponsel dan paparan sinar biru dapat memengaruhi produksi hormon melatonin yang berperan penting dalam mengatur tidur. Anak-anak yang terlalu banyak menggunakan ponsel di malam hari mengalami kesulitan tidur.

Tidur yang buruk dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak serta mempengaruhi kemampuan mereka untuk belajar dan fokus di sekolah.

BACA JUGA:Dortmund Lepas Bellingham ke Madrid dengan Harga Fantastis

BACA JUGA: Waspadai Tanda-tanda Autisme pada Anak, Nomor 5 Sering Terjadi!

4. Penurunan konsentrasi dan prestasi akademik

Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat melemahkan kemampuan anak untuk berkonsentrasi dan belajar secara efektif.

Gangguan dari notifikasi atau godaan untuk bermain game atau menggunakan aplikasi lain dapat menyebabkan anak kehilangan fokus dalam kegiatan belajarnya.

Ini dapat berdampak negatif pada kinerja akademik dan kemampuan mereka untuk menyerap informasi dengan baik.

BACA JUGA:Untuk Pertama kali! Negara Israel Ikut Latihan Gabungan Militer Internasional di Maroko

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui! Teknologi Tren di Tahun 2023 yang Mengubah Pola Kerja Manusia ke Sistem Kecerdasan

5. Risiko kecanduan dan gangguan

Perilaku Anak-anak yang terlalu banyak bermain dengan ponsel berisiko kecanduan teknologi. Mereka dapat menjadi sangat bergantung pada perangkat mereka, merasa sulit untuk berpisah dengan perangkat tersebut, dan menjadi gelisah atau cemas saat terpisah dari ponsel mereka.

Selain itu, bermain game agresif atau terlibat dalam konten yang tidak pantas dapat mempengaruhi perilaku anak dan membuat mereka lebih mudah menjadi pemarah, mudah tersinggung, atau kurang emosional.

Penting agar orang tua dan wali mengambil langkah-langkah yang tepat untuk meminimalkan dampak buruk ini. Batasi waktu yang dihabiskan anak-anak di depan layar handphone dan tetap awasi konten yang mereka akses.

Berikan alternatif yang sehat, seperti bermain di luar rumah, berinteraksi dengan teman sebaya, atau terlibat dalam aktivitas kreatif.

BACA JUGA:Jangan Lakukan Hal Ini Saat Haji, Kalau Masih Ngeyel Bakal Kena Denda Loh!

BACA JUGA:Kembali Bikin Riuh, Pesantren Al Zaytun Perbolehkan Berzina

Pendidikan tentang penggunaan teknologi yang bertanggung jawab juga penting untuk membantu anak-anak memahami dampak negatif yang mungkin timbul.

Secara keseluruhan, meskipun handphone dapat menjadi alat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari, anak-anak di bawah umur perlu dijaga agar tidak terlalu lama terpapar oleh penggunaan handphone.

Dampak negatif dari bermain handphone yang berlebihan, seperti gangguan perkembangan fisik dan kesehatan mental, penurunan kualitas tidur, penurunan konsentrasi, risiko kecanduan, dan gangguan perilaku, harus diperhatikan dan diatasi dengan baik oleh orang tua dan pengasuh.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber