Chuka Wakame, Salad Rumput Laut Segar Khas Jepang

Chuka Wakame,  Salad Rumput Laut Segar Khas Jepang

Chuka Wakame, Salad Rumput Laut Segar Khas Jepang--pixabay.com/zuyyuzaa

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Salad biasanya dikenal sebagai hidangan yang berisi berbagai macam sayuran atau buah-buahan yang disajikan dengan saus untuk meningkatkan cita rasanya.

Di Jepang terdapat jenis salad yang unik yaitu wakame salad. Salad ini menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya.

Meskipun rumput laut hampir tidak mengandung kalori, tetapi rumput laut kaya akan nutrisi. Hanya dengan mengkonsumsi sedikit rumput laut, kebutuhan harian akan iodine, mangan, folat, magnesium, dan kalsium dapat terpenuhi.

Selain itu, rumput laut juga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu dalam penurunan berat badan.

BACA JUGA:Sai Oua: Sosis Khas Thailand Utara yang Menggoda Selera

Chuka Wakame bukanlah sesuatu yang asing terutama bagi para pecinta kuliner Jepang. Salad rumput laut ini kerap menjadi pendamping berbagai hidangan khas Jepang, seperti topping sushi.

Teksturnya yang kenyal dan kandungan seratnya yang tinggi membuatnya digemari oleh banyak orang. Jika kamu salah satu pecinta salad rumput laut ini, kamu bisa mencoba membuat chuka wakame di rumah.

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Chuka Wakame

Bahan-Bahan: 200 gram wakame basah, 1 buah wortel, diiris tipis seperti korek api, 1 buah alpukat matang, diiris kecil memanjang, Biji wijen sangrai secukupnya.

BACA JUGA:Penguatan Pengawasan WNA oleh Kemenkumham Sumsel di Tiga Kabupaten/Kota

Bahan Saus: 1 sendok makan cuka beras, 1 sendok makan miso, 1 sendok teh air jeruk lemon, Cabai bubuk secukupnya, Minyak wijen secukupnya, Gula pasir secukupnya, Garam secukupnya, Shoyu atau kecap asin secukupnya.

Cara Membuat: Rebus wortel hingga agak lunak, kemudian angkat dan tiriskan.

Siapkan wadah, lalu masukkan semua bahan saus ke dalamnya. Aduk hingga rata dan koreksi rasanya. Tuang saus ke dalam mangkuk yang berisi wakame, tambahkan irisan wortel, dan aduk hingga merata.

Makin cantik taburkan wijen yang sudah disangrai ditambah dengan irisan alpukat diatasnya. Chuka wakame siap disajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber