Tingkatkan Kompetensi Serta Professionalise Wartawan, PWI Sumsel Gelar UKW

Tingkatkan Kompetensi Serta Professionalise Wartawan, PWI Sumsel Gelar UKW

Tingkatkan Kompetensi Serta Professionalise Wartawan, PWI Sumsel Gelar UKW-foto/ilham wahyudi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Guna meningkatkan kompetensi serta professionalisme wartawan. Persatuan wartawan Indonesi (PWI) Provinsi Sumatera Selatan mengadakan Uji kompetensi wartawan, pada 5 - 6 Juli 2024, bertempat di Hotel Novotel Palembang.

Pada kegiatan UKW ini diikuti oleh  66 wartawan yang terdiri dari 36 peserta dari LUKW PWI Pusat dan 24 peserta dari LUKW UPN Yogyakarta.

Ketua PWI Sumsel, Kurniadi mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini merupakan produk unggulan dari PWI, baik itu PWI Pusat maupun PWI Provinsi. Hal itu telah diinstruksikan langsung bahwa seluruh PWI di Indonesia harus mengadakan UKW.

"UKW ini sangat penting untuk meningkatkan professionalisme seorang wartawan. Agar wartawan dari PWI seluruhnya berkompeten dalam menjalankan aktivitas jurnalistik," ujar Ketua PWI Sumsel, Kurniadi, Jum'at (5/7/2024).

BACA JUGA:Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies di Sumsel mencapai 1.756 kasus, 4 Diantaranya Meninggal Dunia

Kurniadi menjelaskan, jumlah peserta yang mengikuti UKW ini sebanyak 66 peserta yang terdiri dari 3 kelas, yakni utama, madya dan muda.

"Tetapi ada satu hal yang menjadi catatan kami dan juga telah membuat sebuah aturan. Bagi yang telah mendaftar tetapi tidak hadir mengikuti UKW, akan di skorsing tidak boleh mengikuti kegiatan ini selama 1 tahun," tegasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kalau memang yang bersangkutan tidak bisa menghadiri atau mengikuti UKW, sebelumnya sudah harus melakukan konfirmasi satu pekan sebelum UKW.

"Seharusnya peserta yang tidak bisa menghadiri UKW harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Karena bisa digantikan dengan peserta lain, sebab masih banyak wartawan yang belum mengikuti UKW ini," tambahnya.

Kurniadi berharap, progam - program PWI agar berjalan semaksimal mungkin sehingga anggota PWI seluruhnya berkompeten.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: