Menkumham Yasonna Laoly Terima Gelar Adat dari Kerajaan Gowa

 Menkumham Yasonna Laoly Terima Gelar Adat dari Kerajaan Gowa

Menkumham Yasonna Laoly Terima Gelar Adat dari Kerajaan Gowa--foto/ dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

MAKASSAR, PALTV.CO.ID- Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, menerima gelar adat "Mangngassai Dg Makkule" dari Dewan Adat Kerajaan Gowa yang disahkan oleh Raja Gowa ke XXXVIII, Andi Kumala Idjo Karaeng Lembang Parang Sultan Malikusaid II, pada Jumat (14/06/2024). 

Gelar ini berarti pemimpin yang bisa membuat keputusan yang tepat, dan dengan penganugerahan ini, Yasonna resmi menjadi bagian dari Keluarga Besar Kerajaan Gowa dan Masyarakat Adat Gowa.

Juru bicara Kerajaan Gowa, Andi Didis Abu Baidi, menjelaskan bahwa gelar tersebut menandakan Yasonna sebagai pemimpin yang membuat keputusan penting untuk masyarakat, mengangkat seseorang dalam tugas dan pengabdian.

Andi menambahkan bahwa Yasonna memiliki karakter kepemimpinan partisipatif, selalu mendengarkan pendapat dari seluruh lapisan masyarakat dalam setiap pengambilan kebijakan, serta bermusyawarah dengan pejabat lainnya. Ia juga dikenal memiliki kepemimpinan yang tegas, berani, dengan motivasi kuat dan integritas tinggi.

BACA JUGA:Memaknai Wukuf di Arafah Serta Keutamaanya yang Merupakan Puncak Ibadah Haji

Kerajaan Gowa berharap Yasonna dapat menjalankan tugasnya dengan bijaksana, tegas, dan mengayomi masyarakat Indonesia sesuai dengan makna gelar yang diberikan. Yasonna menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehormatan ini dan merasa terhormat menjadi bagian dari keluarga Kerajaan Gowa, menyatakan kesiapannya untuk menghadapi segala tantangan bersama keluarga besar tersebut.


Menkumham Yasonna Laoly Terima Gelar Adat dari Kerajaan Gowa--foto/dokumentasi. Kemenkumham Sumsel

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, menyampaikan ucapan selamat kepada Yasonna atas penganugerahan gelar adat "Mangngassai Dg Makkule" dari Dewan Adat Kerajaan Gowa.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber