Memaknai Wukuf di Arafah Serta Keutamaanya yang Merupakan Puncak Ibadah Haji

Memaknai Wukuf di Arafah Serta Keutamaanya yang Merupakan Puncak Ibadah Haji

Keutamaan wukuf di arafah--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Wukuf di Arafah adalah salah satu rukun haji yang harus dilaksanakan ketika berada di Arafah. Bahkan, ibadah ini dianggap sebagai amalan yang istimewa karena merupakan puncak dari ibadah haji yang dilakukan oleh jemaah haji.

lantas, apa makna dan keutamaan dari wukuf di Arafah menurut pandangan Islam? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Menurut laman kemenag.go.id, secara bahasa, wukuf berarti berhenti. Dalam konteks ibadah haji, wukuf berarti berhenti totalnya jemaah dari segala aktivitas dan berdiam diri untuk bermalam di Padang Arafah, dimulai dari tergelincir matahari pada 9 Zulhijah hingga terbit fajar pada 10 Zulhijah.

Momen ini sangat sakral karena pada saat ini, jemaah haji diajak untuk berdoa kepada Allah SWT di waktu dan tempat yang sangat diberkati dan paling mustajab. Bahkan Ibadah ini merupakan inti dari seluruh ibadah haji.

BACA JUGA:Suhu Panas Mencapai 50 Derajat, Arab Saudi Himbau Jemaah Haji Untuk Mengikuti Panduan Kesehatan

Saat menjalankan wukuf, jemaah haji harus bermalam di Arafah sebagai ekspresi kesadaran setiap muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat wukuf di arafah, jemaah dianjurkan memperbanyak ibadah seperti sholat sunnah, zikir dan berdoa.

Dalam hadis disebutkan bahwa haji seseorang tidak sah jika tidak melakukan wukuf. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, 

"Haji adalah wukuf di Arafah, maka barang siapa yang telah berwukuf di Arafah sebelum terbit fajar, maka sungguh ia telah melaksanakan haji" (HR Abu Dawud).

Wukuf merupakan simbol tekad manusia untuk menghentikan semua keburukan dan untuk mengukuhkan nilai-nilai kebaikan dalam diri untuk menjadikan diri menjadi lebih baik lagi. Dan supaya bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Hal-Hal Apa Saja yang Dilarang saat Ibadah Haji, Simak Penjelasannya!


jemaah haji diajak untuk berdoa kepada Allah SWT--Foto : Freepik.com/freepik

 

Wukuf di arafah memiliki sejumlah keutamaanya, Sebagimana yang telah paltv.disway rangkum ari berbagai sumber, diantaranya sebagi berikut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber