Pho: Kuliner Legendaris Vietnam yang Menyimpan Sejuta Cerita

Pho: Kuliner Legendaris Vietnam yang Menyimpan Sejuta Cerita

Pho: Kuliner Legendaris Vietnam yang Menyimpan Sejuta Cerita--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pho adalah hidangan berkuah kaldu sapi yang terkenal dari Vietnam. Biasanya, Pho disantap bersama mi putih kenyal, irisan daging, dan sayuran segar.

Hidangan Pho ini telah menjadi bagian penting dari kuliner Vietnam sejak awal abad ke-20, dengan berbagai variasi yang memikat selera.

Sebagian besar sejarawan sepakat bahwa pho ditemukan pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 di Vietnam Utara, selama masa kolonial Perancis.

Ada teori yang mengaitkan pho dengan adaptasi dari pot-au-feu, rebusan daging sapi dan sayur dari Prancis, mengingat kesamaan pelafalan kata "pho". Teori lain menyatakan bahwa pho berasal dari komunitas Tionghoa di Vietnam Utara yang menjual hidangan bernama fuh, yang pelafalannya hampir mirip dengan pho Vietnam.

BACA JUGA:Benarkah Tidak Boleh Potong Rambut dan Kuku Bagi Orang yang Berkurban ? Simak Penjelasannya!

Alex Tran, seorang koki dan penulis makanan Vietnam, menyarankan bahwa pho merupakan hasil kombinasi pengaruh Tionghoa dan kolonial Perancis.

Menurutnya, penggunaan mi beras dan rempah untuk kaldu berkaitan dengan tradisi Tionghoa, sementara penggunaan daging sapi baru dimulai saat kolonial Perancis.

Menurut laman Vietnam.Travel, pho adalah kuliner paling terkenal di Vietnam dan bahkan menjadi sarapan pokok di Hanoi. Penjual pho kaki lima berjejer di sepanjang trotoar, dan kios-kios pho mulai beroperasi sejak dini hari, menciptakan pemandangan yang khas di pagi hari.

Proses Pembuatan Pho

BACA JUGA:Tengkleng Kambing Khas Solo Menu Tradisional Menggugah Selera

Febri, pemilik toko kopi autentik Vietnam, menjelaskan bahwa proses pembuatan pho memakan waktu sekitar 10 jam. "Kuahnya berasal dari tulang sapi yang dimasak cukup lama hingga kaldunya keluar dan menyatu dengan kuah," katanya.

Proses memasak yang panjang ini membuat kuah pho kaya akan kalsium, bahkan kadang tulangnya hancur saat direbus.

Karena memakan waktu lama, penjual pho biasanya memasak kuah dalam jumlah besar, sehingga tidak bisa menambah stok lagi di hari yang sama jika kuah habis.

Karena proses pembuatan yang rumit dan memakan waktu, banyak orang lebih memilih untuk membeli pho di luar daripada memasaknya sendiri di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber