Jangan Terkejut Jika GPS di Ponsel Anda Juga Bisa Nakal

Jangan Terkejut Jika GPS di Ponsel Anda Juga Bisa Nakal

GPS bisa di akses melalui ponsel dan juga perangkat lain--Foto : Freepik.com@pvproductions

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - GPS adalah teknologi yang memungkinkan perangkat untuk melacak lokasi dengan bantuan satelit. Ketika GPS diaktifkan, perangkat secara otomatis dapat menentukan posisinya.

Namun, banyak orang yang memilih untuk menonaktifkan fitur ini, mungkin karena khawatir akan meningkatkan penggunaan daya baterai.

Para pejabat militer Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu terkejut oleh pengungkapan bahwa pelacak kebugaran digital personel militer dapat menyimpan informasi tentang lokasi-latihan fisik mereka, bahkan di pangkalan militer dan situs rahasia di seluruh dunia. Ancaman ini tidak terbatas pada perangkat seperti Fitbit saja,

Tapi juga melibatkan telepon seluler yang dapat melacak pengguna di pusat perbelanjaan dan kota-kota besar di seluruh dunia, bahkan ketika layanan pelacakan lokasi dimatikan. Kerentanan ini timbul dari beragam sensor yang terdapat di ponsel, bukan hanya GPS dan antarmuka komunikasi, tetapi juga giroskop dan akselerometer.

BACA JUGA:5 Aplikasi GPS Terbaik untuk Perjalanan Menenangkan

Sensor akselerometer dapat mendeteksi orientasi ponsel, selain mengukur gerakan lainnya. Aplikasi ponsel dapat menggunakan sensor-sensor ini untuk melakukan tugas-tugas yang tidak disadari pengguna, seperti melacak pergerakan pengguna di sepanjang jalanan kota.

Banyak orang mengira bahwa mematikan layanan pelacakan lokasi akan menghentikan pengawasan ini. Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa aplikasi dapat menghindari pembatasan ini.

Kami menemukan bahwa ponsel dapat memantau ketukan jari pengguna untuk mendapatkan informasi sensitif seperti kata sandi

Dengan hanya memiliki ponsel di saku, perusahaan data dapat mengetahui lokasi dan aktivitas pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Ketika merancang perlindungan untuk perangkat atau sistem, asumsi-asumsi tentang ancaman yang mungkin muncul dibuat.

Namun, tidak semua ancaman dipertimbangkan, dan serangan side-channel dapat memanfaatkan kerentanan yang tidak terduga. Sebagai contoh, serangan Meltdown dan Spectre yang terbaru mengambil keuntungan dari cacat desain dalam prosesor komputer.

BACA JUGA:Bukan Hanya GPS Map, Inilah 4 Jenis GPS Beserta Fungsi yang Dimiliki Dalam Menentukan Titik Lokasi!


GPS di ponsel anda memiliki fitur keamanan--Foto : Freepik.com@juicy_fish

Perangkat seluler adalah sasaran empuk bagi serangan semacam ini karena dilengkapi dengan berbagai sensor. Aplikasi dapat mengakses sensor-sensor ini tanpa izin pengguna dan dapat mengumpulkan informasi pribadi tanpa sepengetahuan mereka. 

Dalam penelitian kami, kami mengembangkan aplikasi yang dapat memantau gerakan ponsel untuk menentukan huruf apa yang diketikkan pengguna di papan ketik layar, tanpa mengakses input dari papan ketik itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber