Jangan Terkejut Jika GPS di Ponsel Anda Juga Bisa Nakal

Jangan Terkejut Jika GPS di Ponsel Anda Juga Bisa Nakal

GPS bisa di akses melalui ponsel dan juga perangkat lain--Foto : Freepik.com@pvproductions

Kami juga mengeksplorasi kemungkinan bahwa aplikasi jahat dapat mengidentifikasi lokasi pengguna hanya dengan menggunakan sensor-sensor ponsel. 

Dengan mengukur gerakan ponsel dan menggunakan algoritme khusus, kami berhasil mengidentifikasi rute perjalanan pengguna dengan tingkat akurasi yang tinggi Ini memungkinkan penyusup untuk mengintai pengguna tanpa sepengetahuan mereka.

BACA JUGA:Inilah 10 Alasan Perlunya Perangkat GPS pada Kendaraan, Nomor 9 Menguntungkan!

Untuk mencegah serangan semacam ini, kami mengembangkan mekanisme yang memberikan pengguna kontrol lebih besar atas akses sensor oleh aplikasi. Meskipun demikian, disarankan bagi pengguna untuk berhati-hati dalam menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dipercayai dan menghapus aplikasi yang tidak lagi diperlukan.

Namun, sebenarnya GPS memiliki manfaat yang signifikan. Salah satunya adalah kemampuannya untuk mengetahui posisi perangkat dengan akurat.

Satelit memungkinkan penentuan lokasi HP melalui fitur GPS. Dengan mengaktifkan GPS, posisi HP dapat ditentukan secara otomatis. Namun, banyak yang memilih menonaktifkan fitur ini karena dikhawatirkan akan meningkatkan konsumsi daya baterai.

Meskipun demikian, GPS tidak sepenuhnya merugikan. Sebenarnya, fitur ini membawa beragam manfaat, salah satunya adalah kemampuan untuk mengetahui posisi HP secara tepat dan memiliki banyak manfaat bagi pengguna.

BACA JUGA:Marak Curanmor, Polisi Imbau Warga Pasang GPS di Kendaraan

Tidak perlu cemas dan khawatir di era digitalisasi dan teknologi yang semakin maju, beberapa ponsel memberikan kemampuan yang bisa membuat anda lebih merasa aman karena beberapa ponsel yang telah di lengkapi fitur-fitur tambahan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber