Google Berencana Untuk Memperkenalkan Asisten Baru Ask Photos untuk Google Photos

Google Berencana Untuk Memperkenalkan Asisten Baru Ask Photos untuk Google Photos

Google Berencana Untuk Memperkenalkan Asisten Baru Ask Photos untuk Google Photos--Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Google meluncurkan Ask Photos, fitur AI baru untuk Google Photos, yang bertujuan untuk merevolusi pencarian foto dengan kueri bahasa alami.

Google sedang gencar merilis fitur AI di berbagai produk dan aplikasinya. Selama konferensi pengembang tahunan I/O 2024, raksasa teknologi ini mengumumkan serangkaian fitur untuk meningkatkan aplikasinya, termasuk Workspace, Photos, Docs, dan lainnya.

Salah satu fitur tersebut adalah fitur Ask Photos untuk Google Photos dimana fitur AI baru ini, yang didukung oleh model AI canggih Gemini milik perusahaan, dirancang untuk mengubah cara pengguna berinteraksi dengan koleksi foto mereka, menawarkan cara yang lebih intuitif bagi pengguna untuk berinteraksi dengan foto yang disimpan di Google Photos.

Menurut Google, penggunanya mengunggah lebih dari 6 miliar foto setiap hari di aplikasi Photos. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, perusahaan ini sudah menawarkan berbagai fitur termasuk fitur AI seperti Magic Editor.

BACA JUGA:Ingin Isi Air Galon, Mobil Salah Satu Pesantren di Sekayu Terbalik di Tengah Jalan

Namun, seiring pengguna memperluas galeri mereka, seringkali mereka kesulitan menemukan foto tertentu.

Untuk membantu pengguna mengatasi galeri Photos yang besar, fitur Ask Photos yang baru akan memungkinkan pengguna melewati pengguliran panjang dan kombinasi kata kunci dengan hanya mengajukan kueri bahasa alami.

Misalnya, permintaan seperti "Tunjukkan foto terbaik dari setiap taman nasional yang pernah saya kunjungi" akan meminta AI untuk menampilkan gambar yang relevan, sehingga memudahkan untuk menemukan kenangan berharga.

Fitur ini mirip dengan Google Assistant atau Gemini Assistance, tetapi didedikasikan untuk aplikasi Photos.

BACA JUGA:Mercedes-Benz Belum Menggunakan Baja Lokal, Ini Alasan Dibaliknya

Asisten Ask Photos memanfaatkan kemampuan multimodal Gemini untuk memahami dan merespons kueri yang lebih kompleks.

Pengguna dapat mengajukan pertanyaan mendetail tentang foto mereka dan AI dapat menganalisis konteks dan subjek dalam foto, mengidentifikasi elemen seperti dekorasi atau desain kue, untuk memberikan jawaban yang komprehensif.

Cara Kerja Fitur Ask Photos

Menjelaskan lebih lanjut tentang cara kerja fitur ini, Google menjelaskan bahwa ketika pengguna mengajukan kueri, Ask Photos pertama-tama menafsirkan maksud di balik pertanyaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber