Merasa Kalah Bersaing Aleix Espargaro Umumkan Pensiun Dari Dunia MotoGP Musim 2024

Merasa Kalah Bersaing Aleix Espargaro Umumkan Pensiun Dari Dunia MotoGP Musim 2024

Merasa Kalah Bersaing Aleix Espargaro Umumkan Pensiun Dari Dunia MotoGP Musim 2024--Ig/motogp

BACA JUGA: Sungai di Muara Enim Meluap, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

Selain sebagai seorang pembalap andal, Aleix juga dikenal sebagai kakak dari Pol Espargaro, yang kini menjadi rekan satu tim Marc Marquez di Tim Repsol Honda.

Meski Aleix sering kali kurang terekspos oleh media dan penggemar MotoGP, tahun 2022 menandai titik balik dalam kariernya, membuat namanya semakin diperhitungkan di kelas balap tertinggi.

Kemenangan di GP Argentina 2022 menjadi momen penting bagi Aleix Espargaro. Kemenangan ini menandai awal baru perjuangannya untuk meraih kemenangan di setiap seri balap MotoGP. Namun, perjalanan karier Aleix tidak selalu mulus dan penuh tantangan.

Awal Karier di Dunia Balap

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Selama Libur Panjang

Aleix Espargaro memulai karier profesionalnya pada tahun 2004. Ia pertama kali turun dalam ajang balap 125cc pada GP Valencia dengan status Wild Card Rider.

Pada tahun berikutnya, ia menjalani satu musim balap penuh bersama Honda. Meski tidak ada prestasi mencolok di awal kariernya di kelas 125cc, Aleix tidak menyerah.

Pada pertengahan musim 2006, ia pindah ke kelas 250cc untuk menggantikan Martin Cardenas yang harus absen karena menggantikan Sebastian Porto yang pensiun di pertengahan musim.

Prestasi di MotoGP

BACA JUGA: Banjir Kembali Terjang OKU, 3 Rumah Dikabarkan Roboh Terseret Banjir

Pada tahun 2014, Aleix bergabung dengan Forward Racing Team dan mengendarai motor Yamaha dengan spesifikasi CRT.

Kejutan terjadi jelang GP Assen 2014, di mana Aleix secara tak terduga berhasil meraih Pole Position pertamanya di MotoGP dengan motor yang tertinggal secara teknologi dari Honda dan Yamaha saat itu.

Ia juga berhasil meraih podium kedua di GP Aragon 2014, menempatkannya di posisi ketujuh pada klasemen akhir dengan 126 poin.

Prestasi ini menarik perhatian Suzuki Ecstar, yang kemudian mengontraknya untuk berduet dengan Maverick Vinales. Meskipun motor GSX-RR masih tertinggal dari kompetitor lainnya, Aleix konsisten masuk sepuluh besar di setiap balapan. Bahkan, ia kembali meraih Pole Position di GP Catalunya 2015, memecahkan rekor Pole Position Suzuki sejak musim 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber