Tips Memilih AC 1/2 PK Terbaik 2024, Rekomendasi Produsen dan Ulasan Teknisi Ahli

Tips Memilih AC 1/2 PK Terbaik 2024, Rekomendasi Produsen dan Ulasan Teknisi Ahli

Tips Memilih AC 1/2 PK Terbaik 2024, Rekomendasi Produsen dan Ulasan Teknisi Ahli-@flatart-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mencari AC hemat energi untuk kamar tidur Anda? Anda mungkin membutuhkan 1/2 PK AC. AC ini biasanya cukup untuk mendinginkan ruangan seluas 10 m². Anda bisa mendapatkan AC 1/2 PK bagus dari Hisense, LG, Daikin dan merk lain dengan harga 2-3k.

Pada artikel kali ini kami berbagi tips screening yang diulas oleh Robert Johan, reviewer AC BNSP. Kami juga mengulas 10 produk AC 1/2 PK yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih. Selamat membaca!

AC 1/2 PK ideal untuk kamar ukuran berapa?

AC 1/2 PK direkomendasikan untuk ruangan berukuran 10 m², seperti kamar tidur. Namun acuan umum ini berlaku untuk tipe AC standar. Indikator ini juga berlaku untuk ruangan dengan tinggi maksimal 3 m, yaitu ruangan dengan volume 30 m3.

Jika menggunakan catu daya AC kecil 1/2 PK, Anda juga harus mengurangi luas referensi ruangan. Hal ini karena AC memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Mengurangi luas ruang acuan sama saja dengan mengurangi daya standar kompresor AC untuk menurunkan daya.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Selama Libur Panjang

Jika Anda ingin memasang AC di ruangan yang lebih besar, klik link di bawah ini.

Cara memilih AC 1/2 PK

Sebelum membeli AC 1/2 PK, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Poin-poin tersebut adalah tipe AC, refrigeran, nilai EER, dan fitur-fitur AC. Silakan simak pembahasannya satu per satu di bawah ini.

1. Untuk ruangan yang lebih sering ditutup, gunakan AC dengan teknologi inverter

Kami menyarankan Anda membeli AC dengan teknologi inverter untuk dipasang di ruangan yang lebih sering ditutup, seperti kamar tidur. AC ini termasuk AC paling canggih.

Teknologi inverter berfungsi untuk mengatur putaran kompresor AC. Biasanya putaran kompresor AC akan dipasang secara maksimum di awal. Ketika suhu udara sudah sesuai dengan keinginan pengguna, putaran kompresornya akan diturunkan.

Sistem kerja inilah yang bisa membuat AC inverter hemat listrik. Namun, fitur ini tidak akan berfungsi dengan baik di ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup karena suhunya berubah-ubah.

Suhu ruangan yang berubah-ubah akan membuat mesin inverter kesulitan mendinginkan suhu sesuai dengan keinginan pengguna. Akibatnya adalah kompresor akan terus bekerja dengan putaran maksimum/tinggi sehingga listriknya tidak jadi dihemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: