Ban Motor Tiba-Tiba Oleng ? Inilah Penyebabnya!

Ban Motor Tiba-Tiba Oleng ? Inilah Penyebabnya!

Ban Motor Tiba-Tiba Oleng ? Inilah Penyebab nya!--Istimewa

Apabila kerusakan pada velg sudah cukup parah, disarankan untuk menggantinya dengan velg yang baru.

BACA JUGA:Terkendala Gangguan Server, Jadwal CAT Calon Anggota PPS KPU OKI Molor

3. Tidak Seimbangnya Tekanan pada Shockbreaker Motor 

Menurut Monroe Shock Absorbers, shockbreaker atau shock absorber adalah komponen kendaraan (baik motor maupun mobil) yang berperan dalam meredam hantaman atau getaran yang dihasilkan oleh suspensi kendaraan. 

Saat kendaraan melintasi jalan dengan permukaan tidak rata atau berbatu, fungsi shockbreaker adalah untuk mengurangi efek dari hantaman dan gaya pantulan yang mempengaruhi kenyamanan dan stabilitas kendaraan.

Tidak hanya itu, shockbreaker juga memiliki peran penting dalam menjaga agar roda kendaraan tetap berkontak dengan permukaan tanah dalam segala kondisi. Ini memungkinkan kendaraan untuk tetap terkendali dan dapat direm dengan baik, meningkatkan keamanan serta kenyamanan pengemudi dan penumpang.

BACA JUGA:PP Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Adha Jatuh pada 17 Juni 2024

Jika shockbreaker kendaraan mulai tidak seimbang, hal ini dapat menyebabkan ban motor menjadi oleng. Oleh karena itu, perlu untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara teratur agar kendaraan tetap stabil dan aman digunakan.

4. Bearing Motor Telah Mengalami Aus

Bearing merupakan komponen vital dalam motor yang mengurangi gesekan di sejumlah area, termasuk roda, dan menjadi penyalur daya mesin ke roda.

Bearing yang berfungsi dengan baik akan menghasilkan pengalaman berkendara yang minim gesekan dan getaran. Namun, jika bearing mengalami kerusakan atau keausan, motor dapat menjadi tidak stabil dan cenderung oleng.

BACA JUGA:2 Kandidat Ketua PWI OKI Periode 2024-2027 Antusias Ikuti Proses Pengundian Nomor Urut

5. Kondisi Ban Motor yang Sudah Buruk 

Ketika ban bocor atau kempes, motor bisa menjadi tidak stabil. Namun, masalah ini dapat diatasi dengan mudah dengan cara memompa ban.

Namun, dalam beberapa kasus, kondisi ban bisa menjadi lebih serius, seperti lapisan luarnya yang sudah menipis, botak, atau bahkan terlihat tali-tali dalamnya. Jika ini terjadi, disarankan untuk segera menggantinya dengan ban yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber