Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah serta Amalan-amalan yang Bisa dilakukan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah serta Amalan-amalan yang Bisa dilakukan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah --Foto : Freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam islam, bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mulia. Dzulhijjah merupakan bulan kedua belas atau terakhir dalam kalender Hijriyah atau kalender islam.

Terdapat banyak keutamaan serta amalan-amalan yang bisa dilakukan pada bulan ini, yang tentunya berlipat ganda pahalanya.

Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang mulia. Bulan ini termasuk salah satu dari bulan haram (asyhurul hurum) atau bulan-bulan dilarang berperang, di samping Dzulqa'dah, Muharram dan Rajab.

Dilansir dari laman kemenag.go.id, bulan Dzulhijjah termasuk kedalam empat bulan yang dimuliakan Allah. Keistimewaan bulan Dzulhijjah terletak pada 10 hari pertama yang di dalamnya terdapat amalan-amalan dengan pahala berlipat ganda. umat Islam dapat mengerjakan puasa, wukuf di Arafah bagi yang sedang menjalankan ibadah haji, merayakan Idul Adha, dan menyembelih hewan kurban.

BACA JUGA:Mengupas Berkurban di Era Digital, Makna Mendalam dan Dampaknya yang Luas


amalan istimewa dapat dilakukan umat muslim di bulan Dzulhijjah ini. --Foto : Freepik.com

Mengutip dari almanhaj.or.id, dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW mengatakan bahwa ibadah yang dilakukan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah lebih utama dibandingkan jihad. Rasulullah SAW bersabda,

 “Tidak ada hari dimana amal saleh lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini, yaitu 10 hari pertama Dzulhijjah.” Para sahabat bertanya, “Tidak juga jihad fi sabilillah?”

kemudian Nabi menjawab, “Jihad fi sabilillah juga tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu dia tidak kembali dengan satupun dari keduanya." [HR al-Bukhâri no. 969 dan at-Tirmidzi no. 757 )

 BACA JUGA:Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Simbol Keindahan Arsitektur dan Kebanggaan Keagamaan Banjarmasin

Karena itu, berbagai amalan istimewa dapat dilakukan umat muslim di bulan Dzulhijjah ini. Lantas apa saja amalan-amalan tersebut ?

Dirangkum paltv.disway.id dari berbagai sumber, berikut amalan-amalan yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah yang tentunya bernilai pahala jika dilakukan.

 

Berpuasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber