Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah serta Amalan-amalan yang Bisa dilakukan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah serta Amalan-amalan yang Bisa dilakukan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Ini Keutamaan Bulan Dzulhijjah --Foto : Freepik.com

Pada bulan Dzulhijjah ada beberapa hari yang dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Di antaranya seperti puasa pada 1 hingga 9 Dzulhijjah. Pada 1 hingga 7 Dzulhijjah disebut sebagai puasa Dzulhijjah. Lalu pada 8 Dzulhijjah disebut sebagai puasa Tarwiyah, dan pada 9 Dzulhijjah disebut dengan Puasa Arafah.

BACA JUGA:Jangan Terlalu Bersedih! Ini Adab Seorang Muslim saat Diterpa Musibah Sesuai Ajaran Rasulullah SAW


amalan-amalan yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah --Foto : Freepik.com

 

Puasa tersebut memiliki keutamaannya sendiri dan ganjaran pahala besar bagi orang yang mengerjakannya. Dan salah satu keutamaan puasa Arafah adalah diampuni dosa-dosa selama dua tahun yaitu dosa-dosa setahun yang lalu dan yang akan datang.

Diriwayatkan oleh Ummul Mu'minin Hafsah menuturkan, "Sesungguhnya, Rasulullah SAW berpuasa Asyura, sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah, dan tiga hari pada setiap bulan." (HR. Abu Dawud).

 

Melaksanakan Ibadah Haji

Haji merupakan rukun Islam kelima. Amalan ini wajib ditunaikan oleh umat Islam yang mampu dan diberi kecukupan rezeki oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Ini Hikmah Dibalik Sakit dalam Islam, Ada 4 Malaikat Khusus yang Diutus Allah SWT 

Barang siapa menunaikan ibadah haji menurut cara dan tuntunan yang disyariatkan, maka atas izin Allah akan memperoleh balasan yang sangat agung, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

"Umrah ke umrah adalah penghapus dosa di antara keduanya. Dan, haji mabrur tidak ada balasan baginya, kecuali surga." (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Berkurban

Berkurban dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan hari-hari Tasyriq. Amalan ini disunnahkan sebagaimana ajaran Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Berkurban bisa berupa hewan unta, sapi, kambing, atau domba dan masih banyak lainya sebagai bentuk ketaatan dan rasa syukur bagi yang mampu. Rasulullah SAW bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber