Kemungkinan Penyebab Telapak Tangan Sakit dan penyakit Tangan Mati Rasa

Kemungkinan Penyebab Telapak Tangan Sakit dan penyakit Tangan Mati Rasa

Kemungkinan Penyebab Telapak Tangan Sakit dan penyakit Tangan Mati Rasa --Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pernahkah Anda merasakan sakit pada telapak tangan atau jari Anda? Mati rasa pada tangan dapat terjadi dalam berbagai cara, dari ringan hingga parah.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, cari tahu dulu apa yang salah dengan tangan Anda, termasuk jari dan tangan Anda, dan dapatkan pengobatan yang sesuai.

 

Mati rasa pada tangan bisa disebabkan oleh banyak hal.

Salah satu atau kedua tangan bisa mati rasa, mulai dari telapak kaki hingga jari kaki. Mati rasa yang Anda alami terkadang disertai gejala lain, seperti bengkak atau terbakar. Sensasinya bisa bertahan hingga tangan menjadi lemah.

BACA JUGA:Kebiasaan Gila Kerja Hustle Culture yang Bisa Membahayakan Tubuh

 

Menurut Mayo Clinic, nyeri tangan bisa disebabkan oleh kerusakan, iritasi, atau kompresi pada salah satu otot atau cabang. atau pada tangan dan pergelangan tangan atau Anda menyentuh dengan tangan Anda. Penyakit yang menyerang ujung saraf bisa menyebabkan mati rasa pada tangan, seperti diabetes. Namun, diabetes menyerang kaki terlebih dahulu.

Dalam kasus yang jarang, otak dan sumsum tulang belakang bisa terkena dampak di tangan dan kaki. sebagai berikut: Jari-jariku akan kosong.

1. Carpal tunnel syndrome

Sindrom terowongan karpal adalah salah satu penyebab paling umum mati rasa pada pergelangan tangan. Kondisi ini terjadi ketika saraf median, yaitu saraf yang melewati pergelangan tangan dengan cara seperti terowongan, menjadi tertekan. karpal.

BACA JUGA:10 Aktris Paling Berbakat di Asia Di Bawah 25 Tahun!

Kondisi ini terjadi ketika saraf medianus, yaitu saraf yang berjalan melalui pergelangan tangan berbentuk terowongan karpal. Area jari dan telapak tangan paling terkena dampaknya. Infeksi biasanya terjadi. Orang yang bekerja dengan menggerakkan tangannya. Segera hadir.

 

2. Kista ganglion

Kista ganglion adalah benjolan non-kanker yang dapat muncul di mana saja di tubuh. Namun, kondisi ini paling sering terjadi pada persendian atau di sekitar serat otot (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang), Terutama di lengan, kaki, dan tangan.

Kista biasanya berbentuk bulat dan berisi cairan seperti jeli. Kista ganglion dapat menyebabkan nyeri pada tangan jika menekan saraf di sekitarnya. Selain nyeri, penyakit ini terkadang dapat menyebabkan kematian pada tangan dan telapak tangan. meskipun beberapa.. Ini harus dihilangkan dengan cara invasif.

BACA JUGA:Prof Yuwono: Waspadai Penyakit yang Kerap Muncul Pasca Lebaran Idulfitri

 

 

3. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan penyakit yang menyerang sel saraf pusat, terutama otak dan sumsum tulang belakang. Gejala yang paling umum adalah mati rasa pada tangan.

Tangan dapat menyebabkan kesulitan dalam menulis, berpakaian, atau memegang benda. Selain pneumonia, banyak orang menderita sirosis hati. Gejalanya meliputi kelemahan otot dan penglihatan ganda.

Penyakit ini biasanya terjadi antara usia 20 dan 40 tahun. Faktanya, satu tanda muncul demi tanda lainnya dalam waktu yang lama. Inilah sebabnya pasien dengan multiple sclerosis baru mengalami penyakit ini bertahun-tahun kemudian.

BACA JUGA:Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Makan Pepaya Ketika Perut Kosong

 

4. Penyakit gangguanTiroid

Masalah gangguan tiroid, terutama hipotiroidisme, juga dapat menyebabkan masalah pada tangan. Mati rasa ini umumnya lebih sering memengaruhi pergelangan tangan dan jari-jari. Ketika gangguan tiroid sudah terjadi lama dan tidak diobati, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada saraf tepi (neuropati perifer). Akibatnya, mati rasa bisa terjadi pada tangan Anda.

Adapun penyebab neuropati perifer pada penderita hipotiroidisme tidak begitu diketahui. Namun, hipotiroidisme diketahui dapat menyebabkan retensi cairan yang mengakibatkan pembengkakan pada jaringan tubuh tertentu. Pembengkakan inilah yang kemudian memberi tekanan pada saraf tepi sehingga gangguan mati rasa bisa terjadi.

 

5. Stroke

Waspadai mati rasa pada salah satu sisi tangan dan lengan yang terjadi secara tiba-tiba. Jika ini kondisinya, Anda mungkin mengalami stroke. Stroke adalah kondisi saat suplai darah ke otak terganggu sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi yang bisa menyebabkan sel tidak berfungsi.

BACA JUGA:Milyader Teknologi Inggris Membuka Metode Anti Penuaan Untuk Umum


Stroke adalah kondisi saat suplai darah ke otak terganggu sehingga jaringan otak kekurangan oksigen--Foto : freepik.com@foto tekan

 

Bila tak ditangani dengan segera, penyakit saraf ini bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian. Oleh karena itu, selalu waspada gejala stroke yang menyerang secara tiba-tiba.

Selain mati rasa, beberapa gejala lainnya, yaitu sakit kepala, penglihatan kabur, pengucapan yang tidak jelas, dan garis senyum yang tidak simetris.

 

6. Sindrom Guillain-Barre

Sindrom Guillain-Barre adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh menyerang saraf. Gejala awal yang biasanya muncul, yaitu lemah dan kesemutan pada jari-jari, pergelangan tangan, serta kaki.

BACA JUGA:Apakah Berjalan Kaki Setelah Makan Baik Buat Orang Yang Pernah Berpenyakit Jantung?

Sensasi ini biasanya menyebar dengan cepat hingga akhirnya melumpuhkan seluruh bagian tubuh Anda. Selain itu, Anda akan merasakan berbagai gejala lain, seperti nyeri hebat, rasa pegal, serta kram yang memburuk pada malam hari, denyut jantung meningkat, hingga sulit bernapas.

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebabnya, tetapi sindrom ini umumnya muncul dengan didahului penyakit infeksi seperti saluran pernapasan atau flu perut.

 

7. Kecanduan Alkohol

Kecanduan Alkohol biasanya, penyakit ini tidak hanya menyerang perut, namun juga dapat menyerang saraf tepi dan menyebabkan kelumpuhan. Pada sebagian besar kasus, penyakit ini menyerang lengan, tangan, dan kaki. Gejala lain juga dapat terjadi, seperti mati rasa, kekakuan otot, dan nyeri dengan atau tanpa rasa terbakar.

BACA JUGA:Bagaimana Preferensi Makanan Berhubungan dengan Kognisi dan Kesehatan Otak?


Kecanduan Alkohol biasanya, penyakit ini tidak hanya menyerang perut, namun juga dapat menyerang saraf tepi --Foto : Freepik.com/freepik

 

Meskipun pecandu alkohol menyadari masalahnya, mereka tidak dapat menghindarinya. keinginan untuk terus minum. Gejala seperti ini dapat terjadi jika Anda berhenti minum dalam jangka waktu lama.

 

Kapan Anda harus menemui dokter jika tangan Anda tidak dapat dirasakan?

Jika Anda tidak dapat merasakan tangan Anda, lihat . mereka dokter Penyakit ini dapat berlangsung lama dan dapat bertahan hingga menyebar ke bagian tubuh lain. Pada kondisi ini, gejala penyakitnya berupa mati rasa pada tangan, lengan, atau jari bagus.

Juga jika diperlukan: Temui dokter jika tangan Anda bengkak dan gejala lain seperti:

pusing, kelumpuhan, linglung, bicara cadel atau sulit bicara, ruam, sakit kepala tiba-tiba, serta kehilangan kontrol usus dan/atau kandung kemih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber