Liburan lebaran, Ini Rekomendasi Wisata Keluarga Pesona Alam Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Liburan lebaran, Ini Rekomendasi Wisata Keluarga Pesona Alam Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Liburan lebaran, Ini Rekomendasi Wisata Keluarga Pesona Alam Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi--Gambar : Instagram/ven_pen99

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Manajemen pariwisata di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi merupakan bagian dari pengelolaan keseluruhan kawasan tersebut, yang dilakukan secara terencana dan terkoordinasi.

Hal ini didasarkan pada ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2010 tentang pengelolaan pariwisata alam, terutama di Kawasan Pelestarian Alam (KPA).

Pengelolaan pariwisata alam di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi fokus pada Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) yang mencakup ekosistem dan ciri khas bentang alam yang menarik minat pengunjung.

Beberapa obyek dan daya tarik wisata alam yang sering dikunjungi di Taman Nasional Alas Purwo adalah:

BACA JUGA:Sejarah Priode Masa Lampau Sampai Sekarang di Bumi Sriwijaya

Sadengan

Sadengan merupakan area padang penggembalaan satwa liar, terutama banteng (Bos javanicus), dengan luas sekitar 80 hektar. Pengunjung dapat beristirahat di pondok yang tersedia sebelum melanjutkan perjalanan menuju menara pandang yang memberikan pemandangan langsung ke padang penggembalaan.

Satwa liar yang bisa dilihat di Sadengan meliputi banteng, rusa, kijang, kancil, jag, merak hijau, ayam hutan, serta berbagai jenis burung unik seperti srigunting, beo, dan burung pemangsa seperti elang dan gagak.

Pengunjung bisa menikmati keindahan satwa liar di Sadengan setiap saat, namun waktu-waktu tertentu, seperti pagi, sore, dan musim kemarau, menjadi waktu yang ideal untuk melihat satwa liar dengan aktivitas yang lebih banyak.

Saat musim kemarau, satwa liar sering berkumpul di sekitar kolam penampungan air di padang penggembalaan Sadengan. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan atraksi menarik, terutama saat musim kawin, seperti tarian merak hijau jantan untuk memikat betina.

BACA JUGA:Menyusuri Muang Boran: Mengulik Kejayaan Sejarah Thailand

Aktivitas yang dapat dinikmati di Sadengan antara lain pengamatan satwa liar, fotografi, dan penelitian. Pengunjung dapat mencapai Sadengan melalui pintu Pos Rowobendo dalam waktu sekitar 15 menit, dan tersedia fasilitas seperti pondok penelitian dan tempat parkir yang memadai. Lokasi wisata lain yang dekat dengan Sadengan adalah Trianggulasi.

 

Pantai Plengkung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber