Sering Lihat Bola-Bola di Pinggir Jalan, Ini Fungsinya

Sering Lihat Bola-Bola di Pinggir Jalan, Ini Fungsinya

Bollard berfungsi menghalangi kendaraan yang akan parkir di trotoar.--instagram.com/@danigehel_owlskitchen

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Pasti ada saja orang yang melihat ada benda dari semen berbentuk bola dipinggir jalan. Nah bola ini jangan  malah diduduki. Padahal bukan itu fungsinya. Jika diperhatikan bola-bola itu biasanya ada di trotoar kota besar. Sebenarnya itu bukan bola biasa, bola tersebut mempunyai banyak fungsi dan dinamakan bollard.

Bollard sendiri merupakan street furniture atau furniture untuk memberi batas di trotoar.  Awalnya, bollard ini berbentuk tiang- tiang yang tersusun dengan tujuan, agar kendaraan tidak masuk ke trotoar. Jadi kendaraan tidak bisa melintas atau parkir di trotoar.

Awalnya istilah bollard ini digunakan untuk tiang pengikat tali kapal. Seiring perjalanan waktu, bollard juga dibuat di daratan, yakni diatas trotoar.

Ada yang berbentuk bola yang terbuat dari semen untuk bollard yang berbentuk bola dibuat khusus untuk membuat desain tata kota sehingga terlihat lebih cantik dipandang dan mengandung estetika sendiri dijalanan.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Ikan Mati Mendadak, Petani Merugi Puluhan Juta Rupiah

BACA JUGA:Langkah Awal Bisnis Kuliner Laris Manis

Biasanya bola ini sering diduduki oleh pejalan kaki tapi fungsi sebenarnya dari bollard ini adalah yaitu sebagai pembatas jalan antara pejalan kaki dan pengendara digunakan untuk hak para pejalan kaki agar para pendendara tidak masuk ke jalur tersebut.

Tidak ada ukuran khuss utntuk mengatur berapa ukuran bollard itu sendiri tetapi juga Bollard diberi jarak sekitar 90-100 cm dan untuk dimeter bollard adalah berdiameter 30cm dengan ketinggian 0,6 – 1,2 meter.

Material yang digunakan yaitu dari beton dan dibuat dengan pilihan bahan yang kokoh agar tidak mudah pecah dan patah. Untuk finishing ada yang bermacam-macam ada juga yang polos dan bercorak warna warni.

Ada pula yang diberi motif salah satunya dapat kita jumpai disepanjang jalan kantor walikota Palembang sudah terlihat bollard-bollard terpajang.

BACA JUGA:Sempat Tren, Bisnis Ikan Hias Meredup

BACA JUGA:Sewu Dino, Film Horor yang Mencekam!

Jadi bollard sendiri lebih memudahkan berjalan kaki buat lewat tentunya tetap menghalangi kendaraan masuk ke trotoar dan jangan samapai diduduki lagi dan dibuat nongkrong ya tentunya Tak hanya sebagai pembatas jalan tapi bollard ini juga menambah estetika untuk mempercantik jalanan.

Biasanya bollard ini sering dijumpai disepanjang jaalan area pedestrian Malioboro Jogja. Tapi tak hanya di Jogjakarta saja di kota Palembang sendiri pun sudah banyak melihat bollard di area trotoar salah satunya disepanjang jalan merdeka di dekat kantor walikota Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber