Puluhan Ribu Ikan Mati Mendadak, Petani Merugi Puluhan Juta Rupiah

Puluhan Ribu Ikan Mati Mendadak, Petani Merugi Puluhan Juta Rupiah

Terlihat ikan-ikan milik petani yang mati mendadak mengambang di atas permukaan air, Kamis (18/5/2023).-Mohammad Maulana-PALTV

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Puluhan ribu ikan milik petani ikan di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten BANYUASIN, mati secara mendadak di dalam keramba jaring kolam warga.

Menurut keterangan warga, peristiwa serupa sebelumnya pernah terjadi. Diduga ikan mati akibat air kolam yang tercemar limbah pabrik, sehingga petani pun merugi puluhan juta Rupiah.

Terlihat ikan-ikan milik petani mengambang di atas permukaan air. Menurut keterangan Mang Agok, salah seorang pemilik kolam menuturkan, sejak Rabu, 17 Mei 2023, ikan-ikan di dalam kolam mati secara mendadak. Berbagai upaya telah dilakukan petani ikan agar ikan terselamatkan, namun hasilnya nihil.

"Dulu juga pernah terjadi yang sama, banyak ikan mati diduga akibat aliran limbah pabrik yang dibuang ke Sungai Alam dan masuk ke kolam ikan warga saat hujan deras," kata Mang Agok saat ditemui hari Kamis, 18 Mei 2023.

BACA JUGA:Sempat Tren, Bisnis Ikan Hias Meredup

BACA JUGA:Sewu Dino, Film Horor yang Mencekam!


Mang Agok, salah seorang pemilik kolam yang ikan-ikannya mati mendadak, Kamis (18/5/2023).-Mohammad Maulana-PALTV

Ada sekitar sembilan jaring yang berisi, masing-masing berkisar 30 ribu anakan ikan Nila dalam setiap jaring. Harganya sendiri biasa dijual petani ikan kisaran Rp150.000 hingga Rp250.000 per ekor. Akibat kejadian tersebut, warga harus menanggung kerugian hingga puluhan juta Rupiah.


Berbagai upaya telah dilakukan petani ikan agar ikan terselamatkan, namun hasilnya nihil.-Mohammad Maulana-PALTV

"Jelas kita merugi, seluruh bibit ikan mati. Kita khawatir air kolam ini terkontaminasi oleh limbah pabrik, soalnyo dulu juga pernah kejadian. Kami harap pemerintah dapat membantu untuk memberikan solusi dan mencari tahu apa penyebab ikan-ikan yang ada di kolam kami ini tiba-tiba mati," ungkap Jahili, salah seorang petani ikan Kelurahan Sukajadi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv