Hati-Hati ! Beberapa Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa, jangan sampai dilakukan !

Hati-Hati ! Beberapa Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa, jangan sampai dilakukan !

Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa--Foto : freepik/xvector

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam berpuasa ada hal-hal yang dilarang dilakukan. Larangan saat puasa Ramadhan adalah segala bentuk perbuatan yang harus dihindari umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Hal itu dilakukan guna menyempurnakan nilai ibadah setiap umat.

Puasa Ramadhan termasuk salah satu Rukun Islam yang wajib dilaksanakan setiap muslim. Berdasar pada Al-Quran dan Hadis segala bentuk ibadah akan mendapat ganjaran pahala, sedangkan keburukan atau perkara yang dilarang dalam Islam tetap akan mendapatkan dosa.

Pada bulan suci Ramadhan, segala bentuk perbuatan baik yang bernilai pahala maupun dosa akan dihitung. Oleh karena itu, umat Islam wajib menghindari aktivitas atau perbuatan buruk yang Allah SWT larang, agar segala nilai ibadah puasa pada bulan ramadhan tidak sia-sia.

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan hawa nafsu dan perbuatan tercela lainya. Sangat penting untuk umat muslim memperhatikan hal-hal yang dapat merusak atau bahkan menghapus pahala puasa Ramadhan karena hal ini menentukan kualitas ibadah di hadapan Allah SWT.

 BACA JUGA:Biar Barokah, Ini Sunnah-sunnah Ketika Berbuka Puasa

Dikutip dari laman NU Online, dijelaskan bahwa meskipun pahala puasa sangat besar, Rasulullah SAW mengimbau umatnya untuk menghindari perbuatan yang berpotensi merusak atau bahkan menggugurkan pahala puasa. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW,

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan sesuatu dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga” (HR An-Nasa’i).

 Lantas, apa saja tindakan-tindakan yang berpotensi merusak pahala puasa? Berikut tiga hal yang dapat merusak atau atau bahkan menghapus pahala puasa, yang telah paltv.disway.id rangkum dari berbagai sumber.

 1.  Berkata Dusta atau berbohong

BACA JUGA:Tata Cara dan Dalil Sholat Iftitah 2 Rakaat Sebelum Tarawih di Bulan Ramadhan

Puasa merupakan salah satu ibadah yang utama pada bulan suci ramadhan. Namun, terdapat beberapa tindakan yang dapat mengurangi pahala puasa. Salah satu perkara yang dapat mengurangi pahala puasa antara lain berdusta atau berbohong.

Berdusta merupakan dosa besar dalam islam. Orang yang berdusta saat ia berpuasa maka ibadah puasanya tidak bernilai apa-apa di sisi Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta, maka Allah tidak butuh dari rasa lapar dan haus yang dia tahan,” (HR. Bukhari).

BACA JUGA: Pelajari 8 Tradisi Dari Berbagai Daerah di Indonesia Dalam Menyambut Ramadhan, Bulan Yang Penuh Hikmah dan Nu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber