Biar Barokah, Ini Sunnah-sunnah Ketika Berbuka Puasa

Biar Barokah, Ini Sunnah-sunnah Ketika Berbuka Puasa

Sunnah-sunnah Ketika Berbuka Puasa--Foto : freepik.com/azerbaijan-stockers

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Momen berbuka puasa adalah saat yang penuh kebahagiaan bagi umat Muslim di seluruh dunia. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, saat berbuka adalah waktu yang dinanti-nantikan untuk memperoleh kenikmatan makanan dan minuman serta memperoleh berkah dari Allah SWT atas ibadah puasa yang telah dilaksanakan.

Dilansir dari muslim.or.id ditulis Yulian Purnama dijelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memberikan beberapa sunnah yang sangat dianjurkan untuk diikuti pada saat berbuka puasa, agar momen tersebut semakin istimewa dan penuh berkah.

 

Bersegera Berbuka Puasa:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menganjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa saat matahari terbenam. Ini berarti saat adzan Maghrib berkumandang, umat Islam sebaiknya segera memulai berbuka puasa.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa umat Islam senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.

BACA JUGA:Memahami Ibadah Ramadan,Salat Tarawih 11 atau 23 Rakaat?

 

Berbuka dengan Kurma:

Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan adalah berbuka puasa dengan beberapa butir kurma segar (ruthab). Jika kurma segar tidak tersedia, maka kurma kering (tamr) dapat digunakan sebagai alternatif. Jika kedua jenis kurma tersebut tidak ada, maka beberapa teguk air putih dapat menjadi pilihan.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya memulai berbuka dengan kurma segar sebelum melaksanakan shalat Maghrib.

 

Adab Memakan Kurma:

Ketika memakan kurma, disunnahkan untuk mengeluarkan bijinya di punggung dari dua jari yaitu jari tengah dan jari telunjuk. Tujuannya adalah agar tangan tetap bersih dari kotoran dan bekas mulut ketika mengambil kurma selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: muslim.or.id