Hati-Hati ! Beberapa Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa, jangan sampai dilakukan !

Hati-Hati ! Beberapa Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa, jangan sampai dilakukan !

Perkara ini yang Dapat Merusak Pahala Puasa--Foto : freepik/xvector

 

2.  Tidak Menjaga Mata dari Syahwat

Orang yang tidak menjaga syahwatnya ketika berpuasa, pahala puasanya akan gugur sehingga yang tersisa lapar dan haus saja. Salah satu sumber syahwat yang utama adalah pandangan mata.

Apabila seseorang memandang dengan syahwat dan tidak menundukkan pandangan pada lawan jenis yang bukan mahramnya, maka ia telah menodai ibadah puasanya. Karena itulah, seorang muslim harus waspada dan menjaga pandangan matanya.

 Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Anas ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Ada 5 perkara yang membatalkan pahala orang yang berpuasa, yaitu (1) berdusta; (2) berghibah; (3) mengadu domba; (4) bersumpah palsu; (5) memandang dengan syahwat," (HR. Dailami).

 BACA JUGA:Memahami Ibadah Ramadan,Salat Tarawih 11 atau 23 Rakaat?

 

3.  Terlalu Banyak Tidur

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Tidak hanya puasa, Pasalnya di bulan suci tersebut seluruh amalan yang dilakukan mendapatkan pahala berlipat termasuk tidurnya orang yang berpuasa dihitung ibadah.

Tetapi, terlalu banyak tidur juga akan bisa mengurangi nilai pahala puasa tersebut. Hal itu disebabkan jika seseorang terlalu banyak tidur, maka ia akan meninggalkan ibadah lain yang wajib, seperti sholat. Seharusnya saat puasa Ramadan harus diisi dengan banyak kegiatan yang positif seperti membaca Al-Quran dan amalan ibadah lainnya.

 Itulah beberapa perkara yang dapat merusak amalibadah puasa. puasa adalah ibadah yang mengharuskan umat Islam untuk tidak makan, minum, serta menahan hawa nafsu dari perbuatan zalim.

BACA JUGA:Salat Tarawih dan Witir di Masjidil Haram 13 Rakaat, 7 Imam Pimpin Bergantian

Namun, penting untuk menghindari perbuatan yang dapat mengurangi atau bahkan bisa menggugurkan pahala puasa. Dengan memperhatikan tindakan-tindakan ini dan berfokus pada amal kebaikan, umat Islam dapat memanfaatkan bulan suci ini sebaik-baiknya dan mendapatkan pahala yang lebih besar dari Allah SWT.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber