Apakah Makan Terlalu Banyak Kacang Dapat Merusak Hati? Simak Jawaban Ahli

Apakah Makan Terlalu Banyak Kacang Dapat Merusak Hati? Simak Jawaban Ahli

Apakah Makan Terlalu Banyak Kacang Dapat Merusak Hati? Simak Jawaban Ahli--freepik.com

Kandungan-kandungan ini membantu menjaga hati tetap sehat, melawan NASH dan NAFLD serta mencegah penyakit hati kronis,' kata Dr Dilip Gede, dokter konsultan senior di Rumah Sakit Yashoda, Hyderabad.

BACA JUGA:Aryaduta Palembang Luncurkan Menu Edisi Ramadhan yang Bertajuk

Dalam kasus-kasus yang jarang terjadi, pertumbuhan jamur dan kapang pada kacang tanah yang tidak disimpan dengan benar dapat menghasilkan aflatoksin, yang diketahui dapat menyebabkan kerusakan hati yang tidak dapat dipulihkan.

Menurut Dr Gude, Indian Council of Medical Research (ICMR)-Lucknow, 21% dari kacang tanah India mungkin mengandung aflatoksin dan tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia.

ICRISAT juga menyatakan bahwa tingkat aflatoksin pada kacang tanah India lebih dari 40 kali lipat dari batas yang dapat diterima.

Menurut Dr Gude, untuk menghindari paparan aflatoksin, orang harus membeli kacang tanah tanpa merek, membeli kacang tanah yang tidak dibungkus dan menghindari kacang tanah yang berjamur, layu atau berubah warna.

BACA JUGA:Memperkuat Pelayanan Kesehatan Narapidana, Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Terima Tambahan Tenaga Medis PPPK

Memanaskan kacang dengan microwave dan merebusnya hingga mendidih dapat menghancurkan 95% aflatoksin.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber