Jangan Biarkan Laptop Anda Panas, Lakukan Cara Ini Agar Awet

Jangan Biarkan Laptop Anda Panas, Lakukan Cara Ini Agar Awet

Ilustrasi kondisi panas pada laptop.-Richard Duijnstee-pixabay.com/RichardsDrawings

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Laptop adalah alat yang sangat penting bagi kehidupan manusia pada zaman modern saat ini. Berbagai pekerjaan dan aktivitas kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui Laptop.

Namun, seringkali kita mengalami masalah panas berlebih pada laptop. Selain mengganggu aktivitas, panas berlebih pada laptop juga dapat memperpendek umur laptop serta merusak beberapa komponen penting di dalamnya.

Selain itu pula, penggunaan laptop hingga suhu laptop terlalu panas akan menyebabkan kerusakan bagi baterainya. Akibatnya, baterai akan menjadi boros dan dapat mengganggu kegiatan kita. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar laptop tidak cepat panas, diantaranya:

1. Membersihkan ventilasi laptop secara teratur

BACA JUGA:Kenali 7 Khasiat Bunga Telang yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Mengulang Kejayaan 2 Tahun Lalu, Timnas PUBG Mobile Indonesia Sabet Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja

Laptop mempunyai ventilasi yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari dalam laptop. Jika ventilasi terhalang oleh debu atau kotoran lainnya, maka sirkulasi udara akan terhambat dan menyebabkan laptop cepat panas. Oleh karena itu, bersihkan ventilasi laptop secara teratur dengan menggunakan kuas atau alat pembersih khusus.

2. Gunakan laptop di tempat yang sejuk

Hindari penggunaan laptop di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung. Hal ini dapat membuat suhu laptop semakin meningkat dan mempercepat proses pemanasan. Sebaiknya gunakan laptop didalam ruangan dan berada di dekat kipas angin ataupun pendingin ruangan, sehingga laptop tidak akan cepat panas.

3. Hindari penggunaan laptop di permukaan yang tidak rata

BACA JUGA:Hendak Mengecek Mesin Mobil, Habib Bahar bin Smith Ditembak OTK

BACA JUGA:Cetak Sejarah! Emas Pertama Basket Putri Indonesia Sepanjang Sejarah Ajang SEA Games Digelar

Penggunaan laptop di permukaan yang tidak rata atau lembut dapat memblokir ventilasi dan membuat suhu laptop semakin meningkat. Gunakan alas yang datar dan kaku seperti meja atau bantal laptop.

4. Gunakan cooling pad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber