Cetak Sejarah! Emas Pertama Basket Putri Indonesia Sepanjang Sejarah Ajang SEA Games Digelar

Cetak Sejarah! Emas Pertama Basket Putri Indonesia Sepanjang Sejarah Ajang SEA Games Digelar

Timnas Basket Putri Indonesia mencetak sejarah meraih medali emas pertama sepanjang perhelatan SEA Games diselenggarakan.--instagram.com/@perbasi.ina

KAMBOJA, PALTV.CO.ID - Sejarah baru tercipta di ajang olahraga se-Asia Tenggara pada Minggu, 14 Mei 2023 kemarin. Timnas Basket Putri Indonesia berhasil meraih medali emas untuk pertama kalinya sepanjang Sejarah SEA Games tersebut digelar.

Timnas Basket Putri Indonesia berhasil mencatatkan sejarah baru untuk cabang olahraga basket di ajang SEA Games. Sejak kompetisi tersebut digelar pada tahun 1959 atau 64 tahun lalu, ini merupakan kali pertama Indonesia sukses meraih emas pertamanya di cabang olaraga Basket Putri.

Minggu, 14 Mei 2023 kemarin, Indonesia memastikan kemenangan atas Singapura di laga final basket putri SEA Games 2023 Kamboja. Pertandingan tersebut digelar di Elephant Hall 2 Morodok Techo National Stadium dengan kemenangan 86-39 atas Singapura. Srikandi Merah Putih berhasil menyapu bersih pertandingan dengan memenangi enam pertandingan secara keseluruhan dalam SEA Games 2023 Kamboja tersebut.

Sejak awal pertandingan, Indonesia berhasil unggul telak atas Singapura dengan mengumpulkan skor 26-7 pada kuarter pertama. Tidak berhenti di situ, pada kuarter kedua Indonesia terus menekan dan unggul jauh dengan skor 43-14.

BACA JUGA:Korean Bento Cake Kue Ultah yang Digemari Kaum Muda

BACA JUGA:Awas! 3 Serial Drama Korea Ini Bisa Bikin Bercucuran Air Mata

Singapura pun kesulitan dan terus berada di bawah tekanan Indonesia. Sampai akhir pertandingan, Singapura tidak berhasil mengejar ketertinggalannya. Indonesia menutup pertandingan dengan skor akhir 86-39 pada kuarter keempat.

Dengan keunggulan tersebut, pelatih Lin Chi Wen melakukan rotasi pada semua pemain dan semuanya mencetak angka. Tiga pemain di antaranya menyumbang dua digit poin. Dyah Lestari berhasil mencetak skor tertinggi 15 poin dan 6 rebound. Kimberley mencetak 13 poin dan 6 rebound. Adelaide Callista mencetak 11 poin dan 4 asist. Disusul Ayu Sriartha yang berhasil mencetak 10 rebound, 4 asist dan 2 steal.

Anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), Erick Thohir yang juga ikut menyaksikan pertandingan final tersebut turut senang dengan keberhasilan Timnas Basket Putri Indonesia yang meraih emas di pertandingan tersebut. Erick mengatakan medali tersebut sangat spesial mengingat itu merupakan emas pertama Timnas Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games.

Ketua Umum PSSI tersebut juga turut bangga dan memuji Perbasi yang berhasil mewujudkan kebahagiaan tanah air. Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan hasil dari perjalanan panjang dan kerja keras dari yang dilakukan Pengurus Pusat Perbasi. Perbasi telah banyak melakukan perubahan dan perbaikan untuk Tim agar menjadi yang terbaik seperti saat ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber