Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!

 Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!

Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!-freepik-freepik

Windows terus tumbuh dan berkembang menjadi Operating System yang paling populer di dunia hingga saat ini.

UNIX

UNIX merupakan Operating System yang dikembangkan pada tahun 1965 dengan proyek awal yang bernama Multiplexed Information and Computing Service (Multics).

Operating System UNIX ini dikembangkan kembali oleh Dennis Ritchie menggunakan bahasa pemrograman C pada tahun 1970an.

Lalu, Operating System UNIX dikembangkan oleh perusahaan AT&T Bell Laboratories yang akhirnya membuat kehadiran sistem operasi UNIX yang sifatnya komersial bernama UNIX System V.

Operating System UNIX umumnya digunakan untuk menjalankan jaringan komputer, pada awalnya UNIX adalah Operating System yang bersifat command line interface.

Namun, UNIX ini dibuat juga dengan versi Graphical User Interface atau GUI yang tentunya bertujuan untuk dapat memudahkan para pengguna.

BACA JUGA:Amerika Serikat Kembali Mendaratkan Satelitnya Ke Bulan Setelah Absen Lebih Dari Lima Puluh Tahun

Linux

Linux merupakan Operating System hasil pengembangan dari UNIX. Linux mempunyai sifat open source yang artinya pengguna bisa secara bebas untuk mengembangkan atau menggandakan program dengan lisensi resmi dari GNU.

Operating System Linux ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1991 oleh mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds.

Linux merupakan sistem operasi yang dapat digunakan untuk jaringan komputer, pengembangan software, dan berbagai aktivitas komputer lainnya.

Dapat dikatakan bahwa Linux termasuk sistem operasi yang lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial lainnya yang ada pada saat ini.

Mac OS

Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sistem operasi pertama yang berbasis Graphical User Interface (GUI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: