Amerika Serikat Kembali Mendaratkan Satelitnya Ke Bulan Setelah Absen Lebih Dari Lima Puluh Tahun

Amerika Serikat Kembali Mendaratkan Satelitnya Ke Bulan Setelah Absen Lebih Dari Lima Puluh Tahun

Amerika Serikat Kembali Mendaratkan Satelitnya Ke Bulan Setelah Absen Lebih Dari Lima Puluh Tahun--instagram.com/@NASA

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Eksplorasi luar angkasa kembali menorehkan sejarah saat sebuah pesawat ruang angkasa yang dikembangkan oleh perusahaan Intuitive Machines berbasis di Texas, Amerika Serikat, sukses mendarat di dekat kutub selatan bulan pada hari Kamis.

Keberhasilan ini menandai pendaratan pertama Amerika Serikat di permukaan bulan setelah lebih dari lima puluh tahun, serta merupakan pencapaian pertama yang dicapai oleh sektor swasta dalam misi semacam ini.

NASA, dengan peralatan penelitian yang terdapat di dalam wahana tersebut, memberikan apresiasi atas pencapaian ini.

Lembaga antariksa Amerika Serikat tersebut menilai pendaratan ini sebagai sebuah tonggak penting dalam pengiriman pesawat ruang angkasa secara komersial untuk tujuan misi ilmiah di bulan, sejalan dengan rencana untuk mengirim astronot kembali ke bulan pada akhir dekade ini.

BACA JUGA:Peranan yang Vital dari Lampu Mobil dalam Keselamatan Berkendara

Robot pendarat tanpa awak dengan enam kaki, yang dinamai Odysseus, mendarat sekitar pukul 18:23 waktu Amerika Serikat.

Seperti yang diinformasikan oleh perusahaan dan komentator NASA dalam siaran langsung bersama mengenai pendaratan dari Intuitive Machines.

Pendaratan ini mengakhiri rangkaian peristiwa yang menegangkan di mana terjadi masalah pada sistem navigasi otomatis pesawat ruang angkasa yang memaksa insinyur di darat untuk mengambil tindakan penyelesaian yang belum pernah diuji pada saat-saat terakhir.

Dibutuhkan waktu beberapa saat setelah putusnya komunikasi radio untuk membangun kembali hubungan dengan pesawat ruang angkasa dan menetapkan posisinya yang berjarak sekitar 384.000 kilometer dari Bumi.

BACA JUGA:Mengulas Pelaksanaan Insentif Pembelian Mobil Listrik dengan Tarif PPN 1% di Tahun 2024

Odysseus, robot pendarat yang dikembangkan oleh Intuitive Machines, berhasil mendarat di dekat kutub selatan bulan pada Kamis malam waktu setempat atau Jumat pagi.

Pendaratan ini menetapkan setidaknya dua pencapaian bersejarah. Pertama, ini adalah kali pertama sebuah pesawat ruang angkasa swasta mendarat di bulan.

Kedua, ini juga merupakan kembalinya Amerika Serikat ke bulan setelah misi terakhir Apollo 17 pada Desember 1972, yang berarti lebih dari 52 tahun telah berlalu sejak keberangkatan terakhir.

"Sungguh sebuah prestasi yang luar biasa! Odysseus telah mencapai bulan," kata Direktur NASA Bill Nelson dalam pesan videonya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber