Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!

 Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!

Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Operating System (OS) atau disebut juga sebagai sistem operasi merupakan sebuah program yang dapat menghubungkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) agar bisa menjalankan berbagai aplikasi.

Tanpa kehadiran Operating System, maka pengguna tidak akan mampu untuk membuka program aplikasi yang terdapat pada sebuah komputer dan hanya akan menampilkan proses booting.

Operating System merupakan sebuah program yang melakukan pengelolaan sumber daya pada perangkat keras sebuah komputer dan menyediakan layanan umum bagi aplikasi perangkat lunak.

Operating System juga mempunyai penjadwalan yang sistematis termasuk perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan berbagai sumber daya lainnya.

Sementara fungsi hardware seperti input, output dan alokasi memori. Operating System mempunyai peran sebagai perantara antara program aplikasi dengan perangkat keras (hardware) komputer.

BACA JUGA:6 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Komponen Segitiga Motor Bengkok!

Terdapat beberapa jenis Operating System yang dapat digunakan oleh para pengguna. Berikut ini beberapa jenis sistem operasi yang dapat digunakan oleh para pengguna pada perangkat komputer miliknya.

Windows

Windows merupakan Operating System dari Microsoft yang sangat populer. Sistem operasi ini menguasai software komputer yang ada di seluruh dunia.

Windows termasuk sistem operasi yang berbasis terhadap pengguna grafik antarmuka (Graphical User Interface).

Windows memang sudah populer sejak pertama kali Operating System ini diluncurkan. Salah satu hal yang membuatnya menjadi populer yaitu karena kehadiran aplikasi buatan Microsoft seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Bahkan Microsoft telah mengeluarkan beberapa versi terbaru dari Windows OS hingga saat ini yang tentunya lebih lengkap dan lebih canggih.


Bukan Hanya Windows, Berikut 5 Jenis Operating System (OS) Pada Komputer yang Populer!--Foto: youtube-nobeltech

Operating System Windows yang pertama kali tersedia di pasaran yaitu Windows 1.0, Operating System ini dirilis pada 20 November 1985.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: