Anda Remaja Pengguna Gawai? Ini Tips Menjaga Mata

Anda Remaja Pengguna Gawai? Ini Tips Menjaga Mata

Tips menjaga mata.--instagram.com/@edukasimata_id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tidak diragukan lagi teknologi dari zaman ke zaman semakin berkembang dengan sangat pesat. Pengguna gawai atau gadget semakin bertambah dari tahun ke tahun. gawai tidak terbatas pada ponsel genggam saja, tapi laptop, notebook, iPad, tablet, dan lainnya.

Hal ini didasarkan pada setiap kebutuhan manusia yang sangat berhubungan dengan gawai. Seperti halnya berbagai profesi pekerjaan, alat berkomunikasi, berbelanja online, bermain game online, bahkan untuk berpergian pula tak jarang harus menggunakan gawai.

Namun dibalik segudang manfaat itu terdapat dampak negatif bagi penggunanya. Apapun yang berlebihan itu tidaklah baik, jadi kita harus memperhatikan jangka waktu dalam menggunakan gawai.

Jika terlalu lama maka akan menyebabkan Computer Vision Syndrome.

BACA JUGA:Kalah Dari Vietnam, Timnas Crossfire Harus Puas Raih Medali Perak

BACA JUGA:Kena Wajib Militer, Kai EXO Gelar Fan Meeting Gratis

Dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Computer Vision Syndrome merupakan gejala kelelahan pada mata. Hal ini biasa terjadi karena terlalu dekat dan lama menatap layar gawai.

Hal ini menjadikan otot-otot mata akan lelah dan kaku, akhirnya pada saat mata melihat objek yang jauh maka akan terlihat ganda atau buram.

Penderita Computer Vision Syndrome akan merasakan beberapa gejala. Misalnya saja mata buram, penglihatan menjadi ganda, nyeri kepala, iritasi mata, mata merah dan kering.

Efek ini hanya terjadi sesaat saja. Namun jika terlalu sering dan dibiarkan saja akan menjadi bahaya. Berkut ini hal yang harus dilakukan agar terhindar dari Computer Vision Syndrome:

BACA JUGA:Anda Anak Kosan yang Sering Kesiangan? Berikut Tips dan Trik Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Coldplay Konser di Jakarta

1. Jaga jarak pandang 

Pada saat menggunakan gawai, pastikan jarak mata dengan layar gawai itu sekitar 40 sampai dengan 50 centimenter. Hal ini akan mengurangi paparan cahaya gawai terhadap mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber