Minum Kopi atau Chai Lebih Tiga Kali Sehari? Ini Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh

Minum Kopi atau Chai Lebih Tiga Kali Sehari? Ini Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh

Minum Kopi atau Chai Lebih Tiga Kali Sehari? Ini Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh--freepik.com

BACA JUGA:4 Manfaat Ini Bisa Didapatkan Pengendara Hanya Dengan Menyalakan Sepeda Motor Menggunakan Kick Starter!

Asupan kafein yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan emosional:

Kecanduan dan ketergantungan: kafein dikenal sebagai zat adiktif ringan dan konsumsi berlebihan secara teratur dapat menyebabkan ketergantungan. Gejala putus zat seperti sakit kepala, kelelahan dan lekas marah dapat terjadi ketika mencoba mengurangi asupan kafein.

Berkurangnya ketahanan terhadap stres: secangkir kopi mungkin tampak seperti pelarian sementara dari stres, tetapi asupan kafein kronis mengurangi kemampuan untuk mengatasi stres dalam jangka panjang.

Mengurangi regulasi emosi: konsumsi berlebihan memperburuk reaktivitas emosional, membuat orang lebih cenderung merasa marah, frustrasi dan gelisah.

BACA JUGA:Ini Keutamaan Puasa Bulan Sya'ban: Persiapan Spiritual Menuju Ramadan

Menemukan titik tengah: moderasi adalah kuncinya.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu berhenti minum chai atau kopi favorit Anda sama sekali. Kuncinya adalah moderasi. Asupan kafein harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 400 mg, yang kira-kira setara dengan empat cangkir kopi yang diseduh.

Namun, kerentanan bervariasi dari orang ke orang dan beberapa orang mengalami efek samping bahkan pada dosis rendah.

Kiat-kiat untuk mempraktikkan moderasi meliputi

BACA JUGA:Satresnarkoba Polres Muba Tangkap Pengedar Sabu di Kebun Karet Desa Keban 1

Catat asupan Anda: catat berapa banyak chai atau kopi yang Anda konsumsi setiap hari. Hal ini akan membantu Anda menyadari kebiasaan Anda dan mengetahui apa yang perlu Anda sesuaikan.

Beralihlah ke tanpa kafein: pilihlah yang tanpa kafein atau kurangi secara bertahap jumlah kafein dalam kopi biasa Anda.

Cari alternatif lain: pertimbangkan penambah energi alami seperti teh hijau, matcha, dan guarana. Fokus pada hidrasi: minum banyak air sepanjang hari dapat membantu melawan efek dehidrasi dari kafein.

Prioritaskan tidur: tidur yang cukup sangat penting untuk mengelola stres dan meningkatkan respons tubuh Anda terhadap kafein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber