Minum Kopi atau Chai Lebih Tiga Kali Sehari? Ini Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh

Minum Kopi atau Chai Lebih Tiga Kali Sehari? Ini Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh

Minum Kopi atau Chai Lebih Tiga Kali Sehari? Ini Reaksi Yang Terjadi Pada Tubuh--freepik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Apa yang terjadi pada tubuh Anda jika Anda minum lebih dari tiga cangkir chai atau kopi setiap hari? Mari kita telusuri ilmu pengetahuan di balik apa yang terjadi ketika Anda minum terlalu banyak chai atau kopi.

Chai dan kopi adalah minuman aromatik yang memberikan kita semangat di pagi hari dan membuat kita terus beraktivitas sepanjang hari.

Namun, meskipun secangkir (atau dua) cangkir moderat bermanfaat, melebihi asupan harian yang disarankan dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan bagi tubuh. Mari kita telusuri ilmu pengetahuan di balik apa yang terjadi ketika Anda minum terlalu banyak chai atau kopi.

Kegelisahan dan Lebih dari Efek Fisiologis

BACA JUGA:Hukum Menggunakan Handphone Selama Khutbah Jumat dalam Perspektif Al-Quran

Kafein, bahan utama dalam chai dan kopi, menstimulasi sistem saraf pusat. Meskipun pada awalnya meningkatkan energi dan kewaspadaan, overdosis dapat menyebabkan gejala-gejala berikut

Kecemasan dan ketegangan: gugup, jantung berdegup kencang, dan energi yang gelisah, yang semuanya merupakan bukti dari sistem saraf yang terlalu terstimulasi.

Kafein memicu pelepasan hormon stres kortisol, yang meningkatkan kecemasan dan membuat Anda merasa mudah tersinggung.

Gangguan tidur: kopi dan chai mengganggu siklus tidur-bangun, membuat Anda sulit untuk tertidur atau tetap tertidur. Hal ini menyebabkan kelelahan di siang hari, mudah tersinggung dan sulit berkonsentrasi.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Pemanis, Ternyata Inilah 5 Fungsi Dari Komponen Knalpot Pada Kendaraan Bermotor!

Sakit kepala dan migrain: sakit kepala kronis yang disebabkan oleh kafein adalah hal yang umum terjadi pada korban overdosis. Beberapa orang yang secara teratur mengonsumsi kafein juga dapat mengalami sakit kepala migrain ketika mereka tiba-tiba berhenti mengonsumsi kafein.

Masalah pencernaan: kafein mengiritasi lapisan perut dan dapat menyebabkan mulas, refluks asam lambung, dan diare.

Tekanan darah tinggi dan jantung berdebar-debar: asupan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang bersifat sementara pada beberapa orang.

Di luar efek fisik: efek mental dan emosional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber