Memupuk Kecintaan Terhadap Budaya, 13 Manfaat yang Diterapkan dalam Kebudayaan

Memupuk Kecintaan Terhadap Budaya, 13 Manfaat yang Diterapkan dalam Kebudayaan

Memupuk Kecintaan Terhadap Budaya, 13 Manfaat yang Diterapkan dalam Kebudayaan-jcomp-freepik

BACA JUGA:Pemerintah Perpanjang Insentif Pajak untuk Pembelian Mobil Listrik Hingga 2024

Padahal, langkah-langkah tersebut akan meningkatkan citra pemerintah Indonesia di kancah internasional. Seiring berjalannya waktu, nama Indonesia mulai dikenal di banyak negara.

8. Kembangkan rasa cinta tanah air.

Bahkan bagi wisatawan lokal, wisata budaya mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air. Itu adalah cerita yang tidak Anda mengerti, Anda tidak menyukainya. Hal yang sama berlaku untuk adat istiadat nasional. Bagaimana Anda bisa jatuh cinta pada suatu budaya jika Anda tidak mengetahuinya? 

Sebaliknya, ketika Anda mengenal budaya negara tersebut, maka kecintaan Anda terhadap negara Anda akan semakin meningkat. Dan salah satu cara untuk mempelajari budaya dan kota tersebut adalah dengan berwisata dan melihat seperti apa budaya di setiap daerah.

9. Memperkukuh jadi diri

Adat istiadat bangsa merupakan jati diri masyarakat. Dan jati diri bangsa harus kuat. Jika identitas Anda kuat, identitas nasional Anda akan kuat dan mudah dikenali. Orang asing yang berkunjung ke Indonesia sudah mengetahui hal ini. Namun masyarakat Indonesia belum mengetahui sifat negaranya.

BACA JUGA:Dengan Mesin IPI AWS 50, Pemkab Muara Enim Mampu Musnahkan dan Olah 40 Ton Sampah Menjadi Pupuk dan Konblok

Oleh karena itu, wisata budaya menjadi jembatan bagi wisatawan lokal untuk memperkuat jati diri bangsa, untuk mencapai jati diri yang tidak dimiliki negara lain.

10. Mempererat Hubungan Antar Negara

Jika semakin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, selain perekonomian akan meningkat, juga dapat terjalin persahabatan antar negara. Hal ini akan mempengaruhi citra India di mata dunia, dan india akan dipandang sebagai negara sahabat.

11. Perlindungan lingkungan hidup

Manfaat wisata budaya selanjutnya adalah perlindungan lingkungan hidup. Beberapa kebudayaan Indonesia mempunyai hubungan langsung dengan alam. Misalnya, beberapa masyarakat adat berupaya melindungi lingkungan. Jika kita melakukan wisata budaya dengan baik, kita juga dapat melindungi lingkungan.

12. Pelajari keunikan daerah

Setiap daerah mempunyai keunikan dan berbeda dengan daerah lainnya. Hal ini pula yang menjadikan bahasa suatu suku berbeda dengan suku lainnya. Padahal, cara-cara tersebut akan membantu wisatawan memahami karakteristik masing-masing daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber