Meniti Sukses di Kuliner dan Hotel: Politeknik Negeri Pariwisata Menawarkan Peluang Terbaik

Meniti Sukses di Kuliner dan Hotel: Politeknik Negeri Pariwisata Menawarkan Peluang Terbaik

program penerimaan mahasiswa baru (PMB) politeknik negeri pariwisata (Poltekpar) untuk tahun akademik 2024/2025. --Foto : indonesia.go.id/POLTEKPAR

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengumumkan pembukaan program penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk politeknik negeri pariwisata (Poltekpar) tahun akademik 2024/2025.

Dalam langkah proaktif untuk memenuhi kebutuhan SDM yang handal di sektor pariwisata, enam Poltekpar di bawah naungan Kemenparekraf memberikan kesempatan kepada 3.860 calon mahasiswa lulusan SMA sederajat.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang pesat, menjadikannya tulang punggung ekonomi yang kuat di masa depan.

Untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dalam sektor ini, Poltekpar menjadi solusi utama dalam melatih koki, penata kamar hotel, manajemen perhotelan, serta SDM terampil dalam bidang transportasi, travel, dan event organizer (MICE).

BACA JUGA:Orang Sukses harus menggunakan 20 Ide untuk Diterapkan, Simak Ide Selengkapnya

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, Plt Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, menyatakan bahwa proses seleksi bersama masuk (SBM) Poltekpar Pariwisata akan dimulai pada 26 Februari 2024.

Mendukung pernyataan tersebut, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan komitmen pemerintah dalam mencetak lulusan unggul yang siap terjun langsung ke dunia kerja atau bahkan memulai usaha sendiri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Jalur penerimaan mahasiswa baru Poltekpar tahun ini terdiri dari dua kategori seleksi, yaitu seleksi bersama masuk politeknik negeri pariwisata (SBMPTNP) dan seleksi mandiri masuk (SMM).

Kuota penerimaan mahasiswa baru Poltekpar untuk tahun ini telah meningkat menjadi 3.860, dari sebelumnya 3.805.

BACA JUGA:Ini Cara Memulai Bisnis Baru dari Awal dan Cepat Sukses.

Beragam program studi jenjang Diploma III dan Diploma IV ditawarkan di Politeknik Negeri Pariwisata, termasuk seni kuliner, tata hidang, manajemen perhotelan, usaha perjalanan wisata, pengelolaan konvensi dan acara, destinasi pariwisata, manajemen akuntansi hospitalitas, serta divisi kamar.

 

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa Poltekpar:

Persyaratan Umum:

  • Lulusan SMA/SMU/SMK/MA/MAK atau yang setara
  • Melakukan registrasi awal
  • Membayar biaya pendaftaran
  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Mencetak kartu peserta seleksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: indonesia.go.id