Dengan Mesin IPI AWS 50, Pemkab Muara Enim Mampu Musnahkan dan Olah 40 Ton Sampah Menjadi Pupuk dan Konblok

Dengan Mesin IPI AWS 50, Pemkab Muara Enim Mampu Musnahkan dan Olah 40 Ton Sampah Menjadi Pupuk dan Konblok

Dengan Mesin IPI AWS 50, Pemkab Muara Enim mampu musnahkan dan olah 40 ton sampah menjadi pupuk dan konblok, Rabu (21/2/2024).-Yansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Mesin IPI AWS 50 yang merupakan mesin penghancur sampah, diluncurkan oleh Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bukit Kancil Kelurahan Air Lintang Kabupaten Muara Enim. Bahkan, sisa hasil penghancuran sampah ini dapat diolah menjadi pupuk kompos dan konblok.

Saat peluncuran mesin IPI AWS 50, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali mengatakan bahwa mesin penghancur sampah tersebut merupakan bantuan CSR dari PTBA, di mana TPA Bukit Kancil menyediakan tempat dan SDM sebagai operator dan pengolahan.

Dengan adanya mesin IPI AWS 50 ini di TPA Bukit Kancil, sampah sebanyak 40 ton per hari mampu dimusnahkan.

Untuk tiap harinya Kabupaten Muara Enim memproduksi sampah rumah tangga dan usaha mencapai 70 ton. Kawasan Muara Enim menyumbangkan sampah sebanyak 30 ton per hari.

BACA JUGA:Perempuan Muda di Palembang Dikeroyok 2 Oknum Perwira Polres Banyuasin, Korban Minta Keadilan


Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali bersama istri dan Dandim 0404 meresmikan tempat pengolahan sampah di TPA Bukit Kancil, Rabu (21/2/2024).-Yansyah-PALTV

Sedangkan kawasan Tanjung Enim bisa memproduksi sampah sebanyak 40 ton per hari. Artinya, lebih dari setengah produksi sampah di Kabupaten Muara Enim mampu dimusnahkan.

"Bukan cuma memusnahkan sampah, tapi sisa pembakaran dari mesin tersebut mempunyai potensi diolah menjadi pupuk dan konblok," kata Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali.

Ditambahkan Ahmad Rizali, sampah yang diproduksi setiap harinya bisa diolah dan diproduksi hingga menjadi produk bernilai ekonomi.

Mesin pemusnah sampah yang diproduksi oleh PT Indo Power Internasional (IPI) dengan jenis Sistem Konversi Limbah Lanjutan (Advance Waste Conversion System/AWS) tipe 50, dianggap sebagai terobosan yang ramah lingkungan karena mampu mengubah limbah sampah menjadi sumber energi alternatif.

BACA JUGA:Selamatkan Uang Negara, Pemkot Prabumulih Beri Penghargaan Kejari Prabumulih


Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali meninjau mesin penghancur sampah dan pengolahan menjadi pupuk, Rabu (21/2/2024).-Yansyah-PALTV

Dengan begitu, limbah sampah yang diproduksi setiap hari mampu dimanfaatkan sebagai produk daerah.

Saat ini pengoperasian mesin baru berjalan. Tempat produksi dan SDM baru bisa mengerjakan tahap awal, itu pun sudah mampu memproduksi pupuk sebagai produk awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv