Kalian wajib Mengenal Obligasi! Definisi, Keuntungan, dan Istilahnya

Kalian wajib Mengenal Obligasi! Definisi, Keuntungan, dan Istilahnya

Kalian wajib Mengenal Obligasi! Definisi, Keuntungan, dan Istilahnya-freepik-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Obligasi merupakan instrumen keuangan yang memberikan imbal hasil dan dianggap sebagai pilihan investasi yang lebih aman dibandingkan saham.

Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang obligasi, artikel ini menjelaskan apa itu obligasi, istilah-istilah yang digunakan untuk obligasi, jenis-jenis obligasi, manfaat berinvestasi obligasi, serta perbedaan obligasi dan saham. Memahami konsep-konsep ini akan membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih baik dan mendiversifikasi portofolio Anda.

Apa Itu Obligasi?

Obligasi merupakan salah satu produk keuangan yang paling banyak digunakan di pasar modal. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah, perusahaan, atau lembaga keuangan untuk memperoleh uang dari investor.

Obligasi merupakan jenis investasi yang tingkat pengembaliannya lebih rendah dibandingkan saham, namun dianggap lebih aman karena risikonya lebih kecil.

BACA JUGA:Masa Depan Gaming, Tantangan dan Keprihatinan

Pengertian dasar obligasi dapat diartikan sebagai perjanjian antara pemberi pinjaman dan investor, pemberi pinjaman berjanji untuk membayar tingkat bunga tetap untuk jangka waktu tertentu dan mengembalikan uang yang diinvestasikan pada saat dewasa.

Pembayaran bunga atau dividen ini disebut kupon, dan jumlah kupon yang Anda terima bergantung pada tingkat bunga dan kelayakan kredit penerbit obligasi.

Berinvestasi pada obligasi memungkinkan investor memperoleh keuntungan dalam jangka waktu tertentu, dengan risiko yang lebih kecil dibandingkan saham.

Namun, seperti investasi lainnya, investasi obligasi mempunyai risiko yang harus diwaspadai investor.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada obligasi, sebaiknya Anda mengetahuinya dan mengetahui faktor risiko yang dapat mempengaruhi nilai investasi Anda.

Istilah-istilah dalam Obligasi dan Penjelasannya

Obligasi adalah sarana investasi dengan batasan yang rumit dan beberapa syarat dan ketentuan khusus. Untuk lebih memahami fitur dan risiko investasi obligasi, Anda perlu memahami beberapa istilah penting terkait obligasi.


Kalian wajib Mengenal Obligasi! Definisi, Keuntungan, dan Istilahnya-freepik-freepik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber