Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!

Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!

Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!--Foto: instagram-77speedshop_performance

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Suspensi atau shockbreaker merupakan komponen yang terdapat pada sepeda motor, komponen ini bekerja dengan cara menyerap dan meredam energi kinetik yang terjadi pada saat roda mengenai permukaan jalan yang tidak rata.

Suspensi atau shockbreaker terdiri dari tabung yang berisi minyak dan gas nitrogen, pada bagian dalam tabung terdapat piston yang dapat bergerak naik turun.

Gerakan piston inilah yang akan menyerap getaran dan benturan yang terjadi. Suspensi akan meredam getaran dan kejutan yang ditimbulkan oleh kondisi jalanan yang tidak rata, sehingga akan meningkatkan kenyamanan para pengendara saat sedang berada dalam perjalanan.

Suspensi akan bekerja dengan menyerap getaran secara baik sehingga getaran yang dihasilkan tidak akan sampai pada setang dan body dari sebuah sepeda motor.

BACA JUGA:Eksplorasi Kreativitas Kwon Byung-jun, Pemenang Korea Artist Prize 2023

Suspensi ini juga mempunyai fungsi dalam menjaga stabilitas dan keseimbangan dari sebuah sepeda motor pada saat melintas di jalanan yang kondisinya tidak rata atau jalanan yang berlubang.

Komponen suspensi inilah yang dapat mencegah sepeda motor menjadi oleng atau tidak stabil pada saat melalui jalanan yang kasar.

Pada sebuah sepeda motor sendiri terdapat 2 jenis komponen suspensi yang berperan penting terhadap kendaraan tersebut untuk dapat digunakan berkendara.

Masing-masing jenis suspensi tersebut, baik pada suspensi depan dan suspensi belakang tentunya mempunyai komponen pembentuk yang saling berhubungan.

Komponen yang terdapat pada kedua jenis suspensi ini bisa saja mengalami kerusakan akibat aus atau penggunaan yang sudah lama.


Shockbreaker atau Suspensi Bagian Depan? Inilah 9 Komponen Pembentuk Suspensi Depan Sebuah Sepeda Motor!--foto: instagram-one3motoshop

Pengendara tentunya perlu mengetahui apa saja komponen pembentuk yang terdapat suspensi depan dan juga suspensi bagian belakang pada sebuah sepeda motor.

Hal ini tentunya agar pengendara dapat mengetahui betul permasalahan yang terjadi jika terjadi kerusakan pada komponen suspensi dan perlu dilakukan penggantian komponen pada sepeda motor tersebut.

Shockbreaker bagian depan atau suspensi depan pada sepeda motor biasanya menjadi komponen suspensi yang paling lebih sering rusak jika dibandingkan dengan suspensi belakang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber